Ulat jati memiliki siklus hidup yang terdiri dari empat fase, yaitu telur, larva, pupa, dan imago. Telur ulat jadi berwarna putih dan diletakkan oleh ngengat betina di permukaan daun jati. Larva ulat jadi berwarna hijau dan aktif memakan daun jati.

ulat jati © TikTok

foto: TikTok/@astrissambudy

Meski dianggap sebagai hama, menurut penelitian dari Institut Pertanian Bogor, ulat jati dapat menjadi sumber protein hewani yang bergizi. Ulat jati juga bisa menjadi makanan dan ternyata sudah populer di berbagai negara termasuk Indonesia.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal International Journal of Food Science and Technology pada tahun 2017 menunjukkan, ulat jati mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, dan kalium. Tentu hal ini menunjukkan bahwa ulat jati merupakan sumber makanan yang bergizi.

ulat jati © TikTok

foto: TikTok/@astrissambudy

Terlepas dari berbagai kandungan vitamin dalam ulat jati, video yang diperlihatkan Astris tetap bikin banyak orang tidak tahan melihatnya. Beberapa warganet berpendapat jika berada di posisi Astris bisa langsung lari dan pingsan. Bahkan ada yang menyarankan Astris agar segera meninggalkan rumahnya.

ulat jati © TikTok

foto: TikTok/@astrissambudy

Video milik akun @astrissambudy itu sudah menghimpun 9,7 juta penonton. Selain itu, terdapat juga 274.800 akun yang memberi like dan 10.800 komentar.

"Trauma sama ulat jati. Naik motor pas musim ulat sebadan penuh ulat sampai muka-muka. Alhasil nangis untung bareng sama emak jadi diambilin ulatnya," ujar akun @dey_de.

"Nek aku wes semaput mbuh kapan sadare bu (kalau aku sudah pingsan nggak tahu kapan sadarnya bu)" tulis akun @roticantik_.

"Kalau aku sih udah nangis," kata akun @luludwiseftiana14.

"Langsung pindah rumah kalau aku," komentar akun @cicikkahar.

 

@astrissambudy

ulerr jati

suara asli - Astris Sambudy