Brilio.net - Aksi penipuan merupakan salah satu tindak kejahatan kriminal. Modusnya pun kini terjadi di masyarakat dengan berbagai cara. Selain itu, korbannya pun tidak pandang bulu. Orang yang lengah dan tidak waspada akan cenderung lebih mudah menjadi sasaran penipuan. 

Atau bisa juga lantaran modusnya yang baru, si korban tetap kena tipu meski sudah waspada. Jika sudah begitu, kamu yang kepalang apes hanya bisa pasrah meratap, langsung melapor ke pihak berwajib, atau membagikan momennya ke media sosial.

Salah satunya momen apes akibat dugaan penipuan viral akhir-akhir ini. Dibagikan oleh pemilik akun TikTok @hangusdi, video yang diunggah ini memperlihatkan seorang pria yang menjadi korban penipuan seseorang. Penipuan tersebut merupakan modus tukar uang receh yang ternyata di dalamnya diisi sebongkah tanah.

modus penipuan tukar uang receh TikTok

foto: TikTok/@hangusdi

Berdasarkan keterangan pada video tersebut, pria yang menjadi korban penipuan dalam video tersebut rupanya adalah karyawan minimarket. Pria tersebut mengaku memperbolehkan seseorang yang ingin menukarkan uang recehan ke uang kertas. Namun, endingnya ia malah kena tipu akibat tidak langsung menghitung uang receh itu terlebih dahulu. "Hati hati guys, hitung dulu kalo ada yang menukar uang logam," tulis pemilik akun pada keterangan video.