Seharusnya, ia menghitungnya dulu saat oknum penipuan tersebut masih berada di sana. Namun apa daya, nasi telah menjadi bubur. Pria tersebut memperlihatkan momen saat dirinya membuka plastik yang berisi uang receh tersebut.

modus penipuan tukar uang receh TikTok

foto: TikTok/@hangusdi

Di bagian luar kantong plastik berwarna bening itu tampak berisi penuh dengan sejumlah uang logam. Namun, setelah dibuka, ternyata di dalamnya terdapat beberapa lapisan plastik, di mana uang logam itu hanya ditempel pada bagian kantongan plastik. Lalu di bagian tengah, diisi dengan sebongkah tanah.

Tanah tersebut sengaja dimasukkan di dalam plastik uang logam itu agar terasa berat. Dalam video yang berdurasi 1 menit lebih itu, tampak uang koin yang ada dalam plastik sebagian besar adalah uang lima ratus dan seribu rupiah. Ternyata, jumlahnya tak seberapa.

Momen penipuan penukaran uang receh di minimarket dalam video itu pun menjadi peringatan bagi warganet yang menontonnya. Pemilik akun juga mewanti-wanti agar lebih berhati-hati dengan segala modus penipuan. Ia pun turut menyesal karena tidak menghitung uang itu terlebih dulu.

modus penipuan tukar uang receh TikTok

foto: TikTok/@hangusdi

"Seharusnya dihitung dulu kak. Baru dikasih uang nya. Kalau dia nggak mau nunggu, nggak jadi," tulis akun @user3155997620158 memberi saran.

"Bener tuh. Waktu jadi kasir kalo ada yang nuker logam aku suruh nunggu kasiran sepi buat dihitung dulu atau nggak nyuruh pimpinan shift, kalo gamau nunggu ya nggak jadi," timpal akun @dea.lovaa membenarkan.

"Orangnya (penipu) haru dicari sampai ketemu," ujar akun @_srimell.

"Lemes banget lihatnya. Sabar ya kak. Jadi pelajaran buat semuanya," kata akun @fatmawatianissa06

@hangusdi Hati hati guys, hitung dulu kalo ada yang nukar uang logam.  #alfamart #alfamarttiktok #viral #uanglogam #tukaruang #penipuan suara asli  - Subhan Agus Ahadi