Brilio.net - Musim penghujan seperti sekarang yang ditakutkan manusia bukan cuma soal banjir. Ada hal lain yang nggak kalah bikin cemas jika musim hujan tak kunjung usai, yaitu adalah ular. Ular kerap dijumpai ketika musim penghujan karena ada kemungkinan sarangnya tergenang air. Alhasil para ular ini keluar dan mencari tempat bersembunyi.

Nah, masalahnya tempat persembunyian itu berada di dalam rumah warga. Tempat favorit yang kerap disinggahi ular adalah plafon rumah. Entah sudah berapa banyak kasus penemuan ular masuk rumah yang terjadi di Indonesia. Bahkan ularnya nggak cuma satu, kadang lebih dari dua. Ukurannya juga besar dan panjang, seperti ular piton.

Bicara soal ular piton, sebuah video menjadi viral usai diunggah ke platform TikTok oleh akun @baju_skoda. Video yang diunggah pada Minggu (12/2) itu memperlihatkan detik-detik seekor ular berukuran besar, jatuh dari plafon rumah.

evakuasi ular piton atas plafon © TikTok

foto: TikTok/@baju_skoda

Video berdurasi 1 menit 31 detik itu memperlihatkan momen dramatis evakuasi ular di atas plafon rumah warga. Pemadam kebakaran yang siaga, menarik ular tersebut dengan alat bantu. Jika dilihat, kejadian ini berada di sebuah daerah, di Malaysia.

Di menit awal, hanya tampak satu ular yang ekornya menjuntai ke bawah. Ekor tersebut segera ditangkap menggunakan alat khusus milik petugas Damkar. Keadaan plafon saat itu juga sudah setengah bolong.

evakuasi ular piton atas plafon © TikTok

foto: TikTok/@baju_skoda

Namun ketika ular hendak ditarik, tiba-tiba saja plafon rumah tersebut jebol. Badan ular itu langsung jatuh namun belum sampai mengenai lantai. Petugas pemadam kebakaran yang berada di ruangan itu auto mundur menjaga jarak.