Melihat uang receh yang diberikan, sang guru pun penasaran dengan siswa tersebut. Setelah ditanya oleh guru, ternyata siswa tersebut rela menjadi buruh batu bata untuk mendapatkan uang demi mengikuti kegiatan study tour. Hal ini dilakukan karena keterbatasan biaya siswa tersebut.

Kisah siswi SMP jadi buruh    © 2023 brilio.net

foto: TikTok/@perilalaaa

 

"Setelah ditanya-tanya oleh guru, ternyata dia kerja buruh buat batu bata dan uangnya dikumpulin buat bayar study tour," jelas si pengunggah video yang tak lain adalah guru siswa tersebut.

Mendengar cerita perjuangan siswa itu, semua guru di ruang pembayaran tersebut pun menangis dan terharu karena usaha muridnya untuk bisa mengikuti study tour. Sang murid membayar biaya study tour dengan cara dicicil menggunakan uang recehan.

"Ya Allah di ruang guru tadi nangis dan terharu denger siswa ini cerita saking pengennya ikut study tour dengan biaya yang gk ada, dia nyicil dan uangnya receh recehan puluhan ribu," jelas sang guru.

"Besok kalo udah jadi suami jadi bapak pasti tanggung jawab nih huhu, semangat ya nak," tutupnya.

Hingga kini, video yang berdurasi 20 detik itu telah ditonton oleh 3 juta lebih pengguna TikTok dan 242 ribu lebih penyuka serta beragam komentar warganet. Banyak dari mereka yang juga turut menceritakan kisahnya semasa ikut study tour.

@perilalaaa

Semangat anak muritku

Sang Dewi - Lyodra & Andi Rianto

 

"Dulu di kelas aku ada yang ngga bisa ikut study tour karena biaya. tapi temen sekelas plus walikelas iuran buat bayarin dia bayar study tour akhirnya ikut," tulis akun @jodohmu791.

"Aku dulu ngga ikut study tour, sekarang jadi guru nemenin tour juga," komentar akun @bulir_padi.

"Study tournya kapan kak? Aku mau tambahin uang jajannya sedikit," tanya akun @xxxhhc15.

"Proses hidupnya ini pembelajaran berharga utk kesuksesannya kelak," tulis akun @rinabelcya.

Nggak hanya itu, melihat kisah siswa SMP rela jadi buruh demi dapatkan uang untuk bayar study tour ini juga mengundang rasa empati warganet, hingga ingin membantu biaya study tour. Sayangnya, study tour tersebut telah terlaksana. Sang siswa berhasil mengikuti kegiatan dengan hasil jerih payahnya menjadi buruh batu bata.

"Kegiatan study tournya sudah terlaksana, namun jika kakak2 semua ingin membantu untuk tabungan sang adik, dan semoga bisa untuk melanjutkan sekolah, kebetulan sang adik duduk di bangku kelas 9, boleh dikirimkan kesini," jelas sang guru.

 

@perilalaaa Membalas @KoleksiTasBandung Sang Dewi - Lyodra & Andi Rianto