Peminjam itu selalu menggunakan cara yang sama saat ditagih. Pada bulan Desember, misalnya, peminjam lagi-lagi mengaku tak berada di rumah ketika hendak didatangi pengunggah.

Saat ditagih beberapa hari setelahnya, peminjam lagi=lagi menggunakan teknik memojokkan. "Q kmrn wa km kok centang 1 ap nok wa mu ra aktif yo... (aku kemarin WhatsApp kamu kok centang 1, apa nomormu nggak aktif ya?)," tulis peminjam di chat.

Di bulan-bulan selanjutnya, peminjam jarang merespons chat. Padahal @panggilmaria sudah menjelaskan bahwa ia hendak menggunakan laptop tersebut untuk bekerja, karena itulah ia ngotot menjemputnya.

Namun, lagi-lagi, peminjam tak ingin didatangi karena di rumah ada suaminya. "Keluargaku ra reti urusan ne (keluargaku nggak ngerti masalahnya)," ujar peminjam itu.

Cerita wanita tagih utang bikin emosi © TikTok

foto: TikTok/@panggilmaria

Alasan-alasan tersebut sangat terkesan dibuat-buat sebab menurut pengunggah, ia bahkan tak pernah tahu kalau peminjam itu sudah punya suami. Di lain waktu, peminjam lagi-lagi membuat alasan baru bahwa ia ingin melahirkan.

Sayangnya, hal tersebut menurut pengunggah tak bisa dijadikan alasan. Apalagi, pengunggah sudah menawarkan diri untuk menjemput barang dan uangnya sendiri. "Biar km fokus lahiran, jadi tak ambil sendiri aja biar ga ngerepotin," tulis @panggilmaria di pesan WhatsApp.

Cerita wanita tagih utang bikin emosi © TikTok

foto: TikTok/@panggilmaria

Alhasil, hingga Agustus 2023, barang dan uang tak kunjung dikembalikan. Sudah hampir barang dan uang tersebut tak kembali. Unggahan tersebut pun viral dan berhasil bikin banyak netizen terpancing emosi.

Unggahan ity telah ditonton lebih dari 380 ribu kali, 14,1 ribu kali, dan dikomentari 4900 kali. Beberapa komentarnya tertulis sebagaimana berikut.

"Firssat itu laptop uda gada kak," ujar akun @icecreawm_.

"Mba aku kok melu gregetpgn tak parani (Mba aku kok ikutan geregetan, pengin aku datengin)," tulis akun @ajsvhsikbd_

"Kok sabar men to mbak. Nek aku wes tak koar-koar neng omah’e ben kabeh keluargane mudeng (Kok sabar banget sih, Mbak. Kalau aku udah teriak-teriak di rumahnya biar semua keluarganya paham,)" ujar akun @alfioricha.