Brilio.net - Setelah menikah, banyak wanita bermimpi untuk tinggal di rumah sendiri bersama suami, tanpa harus tinggal dengan mertua. Hal ini karena ia ingin membangun kehidupan keluarga yang mandiri dan memiliki ruang privat. Serta menghindari beberapa potensi masalah jika tinggal bersama dengan mertua.

Salah seorang wanita curhat bagaimana tidak nyamannya ia tinggal bersama mertua. Bahkan karena tekanan mental yang ia alami, wanita itu mengaku sering nangis dan mengalami stres. Berat badannya turun hingga 6 kg. Kisahnya bisa dilihat lewat video TikTok yang diposting oleh akun @zaitunmoramil.

Zaitun bercerita bahwa baru 3 minggu usia pernikahannya, gejolak batin sudah datang menghampiri. Ia diperlakukan semena-mena oleh mertua sendiri. Banyak pekerjaan rumah yang dibebankan kepadanya.

"Capek rasanya setiap hari dianggap babu semenjak tinggal di rumah mertua," tulisnya di caption.

lika-liku tinggal di rumah mertua © TikTok

foto: TikTok/@zaitunmoramil

Ketika hendak makan, budaya rumah mertuanya adalah menunggu sang bapak pulang terlebih dahulu. Sehingga mereka nantinya makan bersama-sama. Seberapa lapar pun Zaitun, ia tak pernah diizinkan makan duluan. Padahal tubuhnya sudah lemas karena perutnya belum terisi.

Setiap pagi, Zaitun harus berangkat ke pasar untuk membeli kebutuhan masak. Setelahnya ia juga yang akan memasak bahan tersebut. Tak cukup sampai di situ. Pekerjaan rumah lain Zaitun jugalah yang akan mengerjakan, seperti mencuci, jemur dan lain sebagainya. Dan itu bukan untuk dirinya sendiri, melainkan mencakup semua orang yang ada di rumah.

lika-liku tinggal di rumah mertua © TikTok

foto: TikTok/@zaitunmoramil

Hal ini tentu membingungkan bagi Zaitun. Mengapa segala kebutuhan rumah, bahkan kopi bapak mertuanya, dia yang urus sendirian. Apakah itu adalah konsekuensi karena tinggal di rumah metua.

"Emangnya itu semua harus jadi tugas aku semenjak aku di sini?" ujar Zaitun.