Brilio.net - Bulan Ramadan tahun 1445 Hijriyah telah datang. Di Indonesia sendiri bulan suci ini telah ditetapkan oleh pemerintah jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024. Meski Muhammadiyah sudah menjalankan Ramadan sehari lebih dulu, hal tersebut tetap berjalan dengan damai dan khusuk.

Sementara itu di Timur Tengah, setelah para pejabat Arab Saudi telah melihat bulan sabit pada Minggu, 10 Maret 2024. Hal itu menandakan, pemerintah Arab Saudi mengumumkan puasa pertama jatuh pada hari Senin, 11 Maret 2024.

Hal tersebut pun banyak diikuti oleh negara-negara Teluk Arab, serta Irak, Suriah dan Mesir, tak terkecuali otoritas Palestina, turut mengonfirmasi bahwa mereka juga akan mulai berpuasa pada hari Senin.

Meski begitu, Ramadan tahun ini datang ketika Timur Tengah masih panas oleh perang Israel-Hamas yang masih berlangsung di Jalur Gaza. Hal ini membuat banyak warga kota Gaza yang terpaksa menjalani berbagai kegiatan di bulan Ramadhan di tengah kecamuk perang.

Dalam sebuah video viral yang diunggah oleh pemilik akun Instagram @abdallah_alattar1999, dibagikan momen miris. Dimana, para warga menjalani tarawih malam pertama di antara reruntuhan bangunan yang porak poranda akibat perang.

Cerita warga Gaza saat perang Berbagai sumber

foto: Instagram/@abdallah_alattar1999

"Warga Palestina melaksanakan salat Tarawih di reruntuhan Masjid Al-Farouq yang hancur di kota Rafah, selatan Jalur Gaza," tulis pemilik akun di caption.

Pemilik akun yang merupakan jurnalis berkebangsaan Palestina ini, membagikan suasana ratusan warga Gaza melakukan salat tarawih berjamaah. Bukan di dalam masjid yang megah nan indah, mereka salat di luar bawah reruntuhan masjid yang telah hancur.

Cerita warga Gaza saat perang Berbagai sumber

foto: Instagram/@abdallah_alattar1999

Mirisnya adalah, para warga salat dalam keadaan gelap tanpa penerangan sedikitpun. Dengan sorotan lampu senter, pemilik akun merekam video dan mengarahkan ke beberapa penjuru sekitar tempat salat tarawih berjamaah tersebut.