Brilio.net - Penyakit kronis kadang datang dengan cara yang tak terduga. Kadangkala, penyakit kronis itu muncul sebagai gejala sepele. Orang yang mengidap gejala tersebut pun membiarkannya, menganggapnya sebagai angin lalu.

Namun, setelah melalui beberapa waktu, gejala itu justru semakin parah. Barulah pengidap gejala itu memeriksanya ke satu dokter ke dokter lainnya, ke rumah sakit lokal hingga luar negeri. Lalu, ketika penyakit diketahui, pengidap pun jadi syok tak terkira.

Cerita itu mungkin terkesan template, tapi ternyata dialami banyak orang. Salah satunya oleh pemilik akun TikTok @whoisdismann, dilansir brilio.net pada Jumat (15/12). Di videonya itu, pengunggah memperlihatkan gejala penyakitnya, berupa jari terasa terkilir yang ternyata penyakit berbahaya.

Jari dikira terkilir ternyata autoimun © TikTok

foto: TikTok/@whoisdismann

Jari itu terasa sakit di suatu pagi, ketika pengunggah bangun tidur. Saat itu ia menduga jarinya mungkin saja hanya sekadar tertekan ketika tidur. Namun, sakit itu tak kunjung hilang.

Karenanya, pengunggah pun mendatangi dokter umum untuk memeriksa kondisi tangannya. Ia lantas diberi obat, tapi hasilnya jarinya malah menekuk. Karena itu, pengunggah pun mendatangi berbagai dokter.

Jari dikira terkilir ternyata autoimun © TikTok

foto: TikTok/@whoisdismann