Brilio.net - Andrea Dian melalui akun Instagramnya pada Minggu (22/3) mengumumkan bahwa dirinya terinfeksi virus Corona atau COVID-19. Di dalam postingan tersebut, Andrea bercerita tentang kronologi dirinya yang terinfeksi virus Corona. Bukan hanya itu saja, Andrea juga mengungkapkan jika ia mengidap penyakit autoimun sehingga virus Corona bisa rentan terjadi.

"Aku punya kondisi auto immune yang mana membuat aku punya tuntutan tertentu untuk menjaga kondisi immune ku. Aku sekarang ada di sebuah ruangan bersama 5 pasien positif lainnya dengan kondisi berbeda. Aku sehat dan tidak ada keluhan apapun," cerita Andrea.

Penyakit autoimun adalah kondisi saat sistem kekebalan tubuh yang tidak dapat menjalankan fungsi normalnya sehingga menyerang sel-sel sehat. Padahal, sistem imun bertugas melawan infeksi virus, bakteri, dan benda asing lainnya. Penyakit autoimun ini bisa menyerang siapa saja, tidak terkecuali artis Tanah Air.

Berikut brilio.net rangkum seleb yang idap penyakit autoimun dirangkum dari berbagai sumber, pada Kamis (26/3).

1. Andrea Dian

Loading...

seleb yang kena penyakit autoimun instagram

foto: Instagram/@andreadianbimo

Baru-baru ini istri dari Ganindra Bimo mengabarkan jika dirinya terinfeksi virus Corona. Hal ini diketahui melalui unggahannya di akun Instagram. Bukan hanya itu saja, pemain sinetron Pesantren & Rock n'Roll juga menceritakan jika ia memiliki penyakit autoimun, sehingga virus Corona bisa rentan untuk menyerangnya. Hal ini dikarenakan kekebalan tubuhnya tidak sekuat orang-orang yang memiliki badan sehat.

2. Ashanty

seleb yang kena penyakit autoimun instagram

foto: Instagram/@ashanty_ash

Bukan hanya Andrea Dian, penyanyi Ashanty juga mengidap autoimun. Hal ini diketahui publik melalui unggahannya di Instagram. Dalam unggahan tersebut Ashanty membeberkan beberapa gejala awal yang ia rasakan sebelum didiagnosis mengidap autoimun. Ia mengaku sering sakit kepala, mudah lupa, cemas dan stres. Hingga sekarang istri Anang Hermansyah ini belum menjelaskan dengan detail jenis penyakit autoimun yang diidapnya.

3. Raditya Dika

seleb yang kena penyakit autoimun instagram

foto: Instagram/@raditya_dika

Komika Raditya Dika juga mengaku mengidap autoimun. Saat jadi bintang tamu di vlog Ussy Andhika Official, ia mengalami gejala kulitnya kering, muncul ruam saat kondisinya sedang stres, hingga persendiannya terasa sangat nyeri. Papa dari Alea tersebut juga sering bolak-balik Indonesia-Singapura untuk berobat.

4. Cici Panda

seleb yang kena penyakit autoimun instagram

foto: Instagram/@pandasuper

Lewat unggahan Instagram, Cici Panda mengaku mengidap autoimun vaskulitis yaitu peradangan saraf di bawah kulit sejak 2015. Ia pun mengubah pola makan dan pola pikir agar lebih sehat dan mematahkan stigma bahwa pengidap autoimun susah hamil. Buktinya, pada bulan November 2018 yang lalu Cici melahirkan anak keduanya.

5. Cornelia Agatha

seleb yang kena penyakit autoimun instagram

foto: Instagram/@perempuanpanggung

Melalui akun Twitternya, pemain film Akhir Kisah Cinta SiDoel ini juga mengidap autoimun jenis radang sendi. Cornelia terkena penyakit itu sebelum menikah sehingga menyebabkan kenaikan pada berat badannya akibat pengobatan yang ia lakukan.

"Kangen cium anak2, meskipun stay di rumah,tapi saya ttp jaga jarak dgn anak2. Sedih. Saya juga mengidap Autoimun,cukup rentan.Jadi sebisa mungkin harus fit,menjaga kesehatan diri supaya bisa menjaga orang2 di sekitar saya. Semoga teman2 baik2 saja," tulisnya di Twitter.