Brilio.net - Mewabahnya Corona Virus Disease (COVID-19) di hampir seluruh negara termasuk Indonesia membuat masyarakat cemas dalam sebulan terakhir. Pemerintah di berbagai negara membuat berbagai kebijakan untuk mengurangi potensi penularan virus Corona, termasuk memberlakukan lockdown.

Di Indonesia sendiri, pemerintah memang belum memberlakukan lockdown namun masyarakat diimbau untuk tidak berpergian dan upayakan agar tetap tinggal di rumah selama tidak ada kepentingan yang mendesak. Banyak orang yang menghindari bepergian ke luar negeri, karena dinilai terlalu berisiko tertular virus Corona.

Meski begitu, beberapa seleb Tanah Air terpaksa tetap tinggal di luar negeri karena sedang menimba ilmu di tengah wabah Corona yang semakin ganas penyebarannya. Penasaran siapa saja, dan bagaimana kisah mereka yang sedang kuliah di luar negeri saat wabah Covid-19? Berikut ini, brilio.net melansir dari berbagai sumber pada Kamis (26/3) Kisah 4 seleb hadapi wabah Corona saat kuliah di luar negeri.

1. El Rumi

seleb kuliah © 2020 brilio.net

Loading...

foto: Instagram/@elelrumi

El Rumi yang tak lain adalah putra dari Ahmad Dhani dan Maia Estianti, saat ini sedang menempuh pendidikan jurusan bisnis manajemen di University of London. Saat pandemi tengah berlangsung, El mengungkapkan dalam caption Instagramnya @elelrumi, semua kebiasaannya berubah sejak adanya virus Corona. Mulai dari kampusnya yang meniadakan aktivitas perkuliahan sampai harus pulang ke Indonesia karena UK masuk dalam 10 negara terparah yang terkena Covid-19 dengan London menjadi kota terparah yang terkena dampak Covid-19.

El juga menceritakan kelangkaan hand sanitizer dan masker di London, stok-stok bahan pangan serta tisu di toko swalayan juga mulai menipis. Meskipun begitu, El meminta followersnya untuk selalu mengikuti arahan dari pemerintah atau WHO untuk cara pencegahan virus Corona dan menjaga badan agar tetap sehat dengan minum vitamin.

"Parklife. | btw kangen juga ya masa2 bisa jalan2 tanpa perlu panik Virus Corona anyway Stay Home and Stay Safe guys! #london," tulis El Rumi di Instagram.

2. Maudy Ayunda

seleb kuliah © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@maudyayunda

Penyanyi muda ini tak hanya cantik, ia juga terkenal cerdas. Saat ini Maudy tengah menempuh pendidikan di Stanford University. "Life here has been totally transformed because of Covid-19", ujar Maudy dalam caption postingan Instagramnya @maudyayunda pada 21 Maret lalu. Ia mengaku deg-degan setiap kali melihat kabar di Amerika dan Indonesia tentang wabah Covid-19. Ia berharap agar semua dalam kondisi kesehatan yang baik.

Dalam vlive.tv milik Maudy, ia sempat menceritakan dalam live yang diberi judul "Self-isolating at Stanford!" bahwa karena wabah Corona di Stanford lebih parah dari Indoesia, ia harus melaksanakan ujian akhirnya secara virtual. Pihak kampusnya merasa panik dan akhirnya membuat keputusan bahwa kelas ditiadakan dan diganti menjadi pembelajaran secara online. Maudy juga batal pulang ke Tanah Air karena khawatir dan berisiko tinggi dengan wabah Covid-19 dan meskipun kelas dilakukan secara online, ia juga sesekali harus datang ke kampus untuk mengikuti kelas offline.

3. Daffa Wardhana

seleb kuliah © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@daffawardhana

Putra dari Marini Zumarnis ini menempuh pendidikan di University Of Melbourne, Australia. Tepat pada hari ini, Kamis 26 Maret 2020 Daffa memutuskan untuk kembali ke Tanah Air setelah semua ketidakpastian yang terjadi di negara tempatnya menimba ilmu, Australia. "I don't know for how long I'll be leaving Melbourne", ujarnya pada caption postingan Instagramnya kemarin malam. Karena wabah virus Corona, semester terakhirnya di University of Melbourne menjadi tan tentu.

Hingga akhirnya Daffa memilih pulang ke Indonesia untuk berkumpul dengan kaluarga setelah beberapa hari sebelumnya ia melakukan karantina diri di Melbourne. Ia berharap agar semuanya tetap aman dan yakin semua ini dapat dilalui bersama untuk hari yang lebih baik.

4. Shalom Razade

seleb kuliah © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@shaarazaaa

Shalom Razade merupakan putri dari Wulan Guritno yang sedang menempuh pendidikan di Conventry University, Inggris. Di tengah wabah Covid-19, Shalom memutuskan untuk tetap tinggal di rumah dan tak pergi kemana-mana saat berada di Inggris. Ia mengungkapkan kerinduannya beraktivitas di luar rumah seperti biasanya, terlihat dari caption postingan Instagramnya kemarin 25 Maret 2020. "Nanti saat bumi membaik, kita main bareng lagi ya, matahari", ujar Shalom.