Brilio.net - Autoimun merupakan penyakit yang dapat diderita siapa saja, tak terkecuali para selebriti. Di tengah jadwal yang padat di dunia hiburan, mereka harus berjuang untuk melawan penyakit yang menyerang imun tubuhnya.

Kondisi tersebut tentu bukan hal mudah. Bukan hanya merasakan sedih, tekanan mental bahkan sempat dirasakan oleh mereka saat mengetahui mengidap penyakit yang belum dapat disembuhkan.

Seperti yang baru-baru ini diungkapkan oleh personel GAC, Abigal Cantika. Dari YouTube Enzy, Cantika mengungkapkan ia sempat mengalami depresi dan menjadi beban pikiran. Namun hal tersebut tak membuatnya patah arah untuk melanjutkan hidup.

Nggak hanya Abigail, beberapa seleb ini juga mengalami hal serupa. Berikut kisah perjuangan seleb hadapi autoimun, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (27/6).

1. Ashanty.

perjuangan seleb hadapi autoimun © instagram

foto: Instagram/@ashanty_ash

Penyanyi Ashanty menjadi salah satu aktris yang tengah melawan penyakit autoimun. Bahkan beberapa waktu lalu, ia terbang ke Turki bersama keluarganya untuk mengontrol autoimun yang dideritanya.

Sebelum mengetahui penyakit tersebut, Ashanty sempat merasakan gejala awal autoimun pada tahun 2019 berupa sakit kepala, mudah lupa, gangguan kecemasan, dan stres. Setelah diperiksakan ke dokter terungkaplah Ashanty menderita penyakit autoimun yang sudah menyerang kelenjar tiroidnya.

2. Jessica Iskandar.

perjuangan seleb hadapi autoimun © instagram

foto: Instagram/@inijedar

Jessica Iskandar juga diketahui mengidap Graves disease autoimmune hyperthyroidism, yang diakibatkan oleh kelebihan kadar hormon tiroid dalam tubuhnya atau hipertiroid. Mengidap penyakit tersebut, Jessica Iskandar merasa emosinya sangat terkuras.

"Graves Diseases Hyperthyroid Autoimmune. Penyakit ini menguras emosi. Terkadang membuat diri ini merasa tak berguna dan merasa sendirian. Ikhlas.. Semoga aku mudah ikhlas," ucap Jessica dilansir dari Instagram-nya.

3. Andrea Dian.

perjuangan seleb hadapi autoimun © instagram

foto: Instagram/@andreadianbimo

Istri Ganindra Bimo ini menceritakan bahwa ia memiliki penyakit autoimun, sehingga virus corona bisa rentan untuk menyerangnya. Hal ini dikarenakan kekebalan tubuhnya tidak sekuat orang-orang yang memiliki badan sehat.

"Aku punya kondisi autoimun yang membuat aku punya tuntutan tertentu untuk menjaga kondisi imunku," terangnya dilansir dari Instagram Andrea.

4. Raditya Dika.

perjuangan seleb hadapi autoimun © instagram

foto: Instagram/@raditya_dika

Komika Raditya Dika juga mengaku mengidap autoimun. Saat jadi bintang tamu di vlog Ussy Andhika Official, ia mengungkapkan sudah mengalami sejak enam tahun lalu.

"Autoimun gue itu sebenarnya lebih ke kulit menjadi kering, terus timbul ruam kalau gue stres. Terus sendi-sendi itu jadi pegel dan tidak dapat dijelaskan lah kalau lagi stres tiba-tiba kok timbul reaksi kayak gini. Gue sebenernya udah ngalamin ini udah hampir enam tahun ya," kata Raditya.

Lewat vlog-nya, Raditya Dika mengungkapkan jika ia selalu mengontrol kesehatannya. "Hallo semua, hari ini kita mau ke Singapura. Karena gue mau check up setahun sekali untuk penyakit autoimun gue. Tiap tahun, gue selalu ke Singapura ke rumah sakit yang sama buat check up," ucapnya.

5. Cornelia Agatha.

perjuangan seleb hadapi autoimun © instagram

foto: Instagram/@perempuanpanggung

Melalui akun Twitternya, pemain film Akhir Kisah Cinta Si Doel, Cornelia Agatha ini juga mengidap autoimun jenis radang sendi. "Kangen cium anak2, meskipun stay di rumah,tapi saya ttp jaga jarak dgn anak2. Sedih. Saya juga mengidap Autoimun,cukup rentan. Jadi sebisa mungkin harus fit, menjaga kesehatan diri supaya bisa menjaga orang2 di sekitar saya. Semoga teman2 baik2 saja," tulisnya di Twitter.

6. Cici Panda.

perjuangan seleb hadapi autoimun © instagram

foto: Instagram/@pandasuper

Lewat unggahan Instagram, Cici Panda mengaku, sejak 2015 mengidap autoimun vaskulitis, yaitu peradangan saraf di bawah kulit. Kondisi ini diketahuinya usai konsultasi program hamil untuk anak keduanya.

"Alika lahir akhir November 2010.. kalo sesuai rencana harusnya 2015 jarak yang tepat buat punya anak kedua.. tapi ternyata ditaun itu aku dinyatakan kena autoimmune yaitu vaskulitis (peradangan syaraf dibawah kulit)," terangnya.

Kondisi tersebut membuatnya harus mengubah pola makan dan menjaga pola pikir agar tidak down. Hingga pada 2018, Cici Panda sukses melahirkan anak keduanya dan mematahkan stigma bahwa pengidap autoimun susah hamil.

"Gak ada program khusus yang aku ikutin. tapi memang lifestyle aku berubah sejak sakit autoimmune gak lagi mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung pengawet, pewarna dan perasa pun kalo lagi tergoda, hanya sebatas icip2. Pola makan diperbaiki dan pola pikir diperbaiki karena kesehatan lahir dan batin semuanya saling terkoneksi," tambahnya.

7. Enzy Storia.

perjuangan seleb hadapi autoimun © instagram

foto: Instagram/@enzystoria

Melalui channel YouTube-nya, Enzy Storia juga mengungkapkan ia mengidap autoimun. Presenter Tonight Show ini mengungkapkan sudah mengalami autoimun jenis rheumatoid arthritis sejak 2009. Hal tersebut menyerang ke persendian tubuhnya.

"Nah kalau gue itu rheumatoid arthritis (RA). Ini satu hal autoimun yang umum juga selain lupus," terangnya.

Enzy juga mengungkapkan kondisi tersebut sempat menyerang mentalnya. Hingga kondisinya saat itu hampir positif terserang lupus. Tak ingin berlarut, dokter yang memeriksanya pun berpesan agar penyakit ini tidak menjadi beban pikiran bagi Enzy.

Kendati tidak bisa disembuhkan, ia diberikan obat untuk meredakan efek autoimun di tubuh. Selain itu, ia juga harus menjalani diet sehat, mengurangi makanan berlemak, tidak makan daging, dan gluten free.

"Terus gue dikasih vitamin D waktu itu sampai 5.000 (IU) sehari. Sampai sekarang. Terus gue harus gluten free, hindari daging dulu. Ini harus benar-benar kontrol diet sehat," jelas Enzy.

8. Abigail Cantika.

perjuangan seleb hadapi autoimun © instagram

foto: Instagram/@abigailcantika

Dari YouTube Enzy Stori, Abigal Cantika menceritakan mengenai penyakit autoimun yang diidapnya. Kondisi ini bermula ketika ia mengalami gatal-gatal pada 2011. Namun, anehnya gatal tersebut hanya terasa saat malam hari dan kondisi dingin.

Khawatir dengan kondisi yang dialami, ia pun langsung memeriksakan hingga ke tiga dokter. "Sampai dokter ketiga baru, 'Lho ini kamu kena psoriasis'," ujar Cantika

Mengetahui hal tersebut, mental Cantika Abigail sempat terguncang. Terlebih, belum ada obat untuk menyembuhkan penyakit yang dialaminya. Namun, ia tidak menyerah. Ia pun masih menjalani perawatan dengan melakukan suntik.