Brilio.net - Sesaji atau biasa disebut sesajen menjadi tradisi yang masih dipraktikkan oleh sebagian masyarakat Indonesia. Sesajen amat lekat dengan praktik upacara adat melalui selamatan atau kenduri untuk berbagai keperluan.

Upacara selamatan atau kenduri umumnya diselenggarakan untuk memperingati orang meninggal, pernikahan, upacara kehamilan hingga kelahiran bayi, dan sebagainya. Selain doa bersama yang dipimpin tokoh yang dituakan, sesaji berupa makanan akan menjadi pelengkap tergantung dari tujuan upacara adat.

Sesajen-sesajen itu biasanya diletakkan di tempat tertentu, seperti kuburan, sendang atau sumber air alami, dan tempat-tempat yang dianggap 'wingit'.

Biasanya, tidak ada yang berani mengusik sesajen itu meski berisi makanan yang lezat. Sebab, masyarakat percaya sesajen itu dipersembahkan untuk leluhur atau penunggu tempat tertentu.

Namun berbeda dengan pemuda yang satu ini. Lewat unggahan video di akun TikTok @bak_prabu, terlihat aksi beraninya menyantap makanan sesajen yang diletakkan di sendang dan kuburan.

Dalam video berdurasi 2:14 menit itu terlihat seorang pemuda berkaos hitam tengah nge-vlog dan bercerita jika akan pergi ke sendang atau mata air. Kala itu hari Jumat Pon. Pemuda itu mengatakan bahwa biasanya orang-orang di desanya membuat sesajen pada hari itu dan diletakkan di sendang dan di kuburan.

"oke kali ini aku mau cerita ya, ini aku baru bangun tidur. Nah ini aku kepikiran ini jumah (jumat) pon jadi tuh pasti nih di sendang banyak sesajen sama makan makanan," ujarnya dilansir brilio.net pada Minggu (7/8).

pemuda makan sesajen di kuburan © TikTok

foto: TikTok/@bak_prabu

Ia pun langsung pergi ke sendang dengan dibonceng menggunakan sepeda motor. Benar saja, sesampainya di sendang, terlihat banyak bungkusan daun pisang yang diletakkan di atas tanah. Pemuda itu langsung mencari-cari sesajen yang bisa dimakan.

"Karena aku juga lapar, aku mau kesana mau cariin ingkung (ayam yang biasa dipakai untuk sesajen). Dan ternyata pas aku sampai sana pas aku eker-eker ada satu paket makanan buat embah," kata pemuda itu.

pemuda makan sesajen di kuburan © TikTok

foto: TikTok/@bak_prabu

Dia mengambil satu bungkusan daun pisang yang agak besar. Ia pun terlihat dengan lahap memakan sesajen tersebut. terlihat isi sesajen tersebut terdiri dari ayam, tahu, tempe, dan kerupuk yang dibungkus dengan daun pisang.