Brilio.net - Meski tak berniat menganggu, orang-orang yang bekerja atau beraktivitas di dekat binatang berbahaya sudah seharusnya lebih waspada. Apalagi jika kamu tak sengaja bertemu dengan ular berbisa atau berbahaya seperti piton yang berukuran besar.

Meski tak berbisa, nyatanya ular piton punya lilitan yang kuat yang bisa membuatmu sesak napas dan meremukkan tulang-tulangmu.

Dan seperti mangsa lainnya, piton pun pernah menelan tubuh manusia, seperti tiga kasus yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (4/10) berikut ini. Ada yang berhasil selamat namun ada juga mangsanya yang ditelan bulat-bulat.

1. Ular menelan manusia di Malaysia.

ular mangsa manusia © 2017 mynewshub.cc

Loading...

foto: Mynewshub

Seorang lelaki bernama E Heng Chuan (29) ditemukan tewas ditelan ular piton pada 4 September 1995. Penemuan itu terjadi pada pukul 22.30 waktu setempat di Tenang Stesen, Segamat, Johor.

Sebelum kejadian, Heng Chuan berjalan menuju ke bangsal dekat rumahnya sekitar pukul 20.00 waktu setempat untuk menutup saklar generator air kolam. E Seng Guan (32), kakak Heng Chuan, yang merasa khawatir adiknya tak kunjung pulang ke rumah kemudian mencari adiknya di daerah itu pada pukul 20.30 waktu setempat malam.

Setelah mencari keberadaan adiknya, Seng Guan malah menemukan seekor ular piton sedang membelit tubuh adiknya dan mencoba untuk menelannya.

Namun ular piton itu hanya berhasil menelan kepala Heng Chuan karena tersangkut pada bahu korban. Meski Seng Guan sempat meminta bantuan warga setempat dan anggota polisi, nyawa Heng Chuan tetap tak bisa terselamatkan.

2. Pria asal Mamuju dimakan ular saat akan memanen sawit di kebunnya.

ular mangsa manusia © 2017 Facebook

ular mangsa manusia © 2017 Facebook

foto: Facebook/Ade

Akbar (25) ayah dua anak asal Desa Salubiro, Kecamatan Karossa, Mamuju Tengah, Sulawesi Barat ini bernasib nahas. Saat akan memanen sawit di kebun, ia diserang ular piton dan kemudian jasadnya ditemukan di dalam perut ular tersebut.

Menurut penuturan seorang warga, korban diketahui meninggalkan rumah pada Minggu (26/3) pagi untuk pergi ke kebun sawit miliknya. Sampai Senin (27/3) korban tak kunjung pulang. Keluarga dibantu warga desa setempat kemudian mencari keberadaan Akbar namun hasilnya nihil.

"Senin malam, warga malah menemukan seekor ular besar dengan perut seperti habis menelan barang yang besar. Ternyata setelah dibedah, jasad Akbar ditemukan di perut ular jenis Python tersebut," terang seorang warga.

3. Pria di Riau digigit dan dililit ular piton 7 meter.

ular mangsa manusia © 2017 Facebook

foto: Facebook/Risdawaty Nababan

Robert Nababan (37) melihat seekor ular melintang di jalan dan ingin menangkapnya, ia malah digigit ular piton raksasa sepanjang 7 meter. Warga Sungai Akar, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) ini awalnya sudah berhasil memegang kepala ular piton.

Namun tiba-tiba ular piton melakukan perlawanan. Kepalanya pun terlepas dari tangan Robert dan langsung menggigit tangan sebelah kirinya.

Robert harus bergelut dan berusaha melepaskan diri dari lilitan dan gigitan ular. Dibantu oleh dua warga dan rekannya, Robert pun berhasil selamat dari belitan ular piton tersebut. Namun tangan ayah dua anak itu robek sehingga langsung dibawa ke RSUD Indrasari Pematang Rebah, Kecamatan Rengat Barat, Inhu untuk mendapatkan perawatan.

Beruntung, nyawa Robert selamat dan dikabarkan telah menjalani operasi dengan lancar dan sedang dalam masa pemulihan. Sementara itu, ular piton yang mencoba memangsa Robert dibunuh oleh penduduk setempat sebelum akhirnya digoreng untuk dimakan.