Brilio.net - Perkembangan teknologi adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari. Keberadaan teknologi membawa berbagai kemudahan bagi kehidupan manusia, namun dilain pihak juga membawa malapetaka. Demo sopir taksi dan bajaj konvensional terhadap layanan taksi online menjadi salah satu bukti dampak penggunaan teknologi. Selain sopir taksi, ternyata ada pekerjaan lain yang berpeluang unjuk rasa akibat tergerus perkembangan teknologi, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (22/3):

BACA JUGA: 7 Kemampuan manusia ini hilang akibat kecanggihan teknologi, duh!

1. Penjual peta

foto : www.aliexpress.com

Apa yang kamu lakukan jika tersesat? Buka GPS atau membeli peta? Berani dijamin bahwa jawabanmu adalah membuka GPS. Duh, jadi gimana nasibnya penjual peta?

2. Pelayan restoran

foto : www.ignite.edu.au

Saat ini banyak restoran cepat saji yang menerapkan pengambilan makanan dilakukan langsung oleh pengunjung yang membuat profesi pelayanan restoran semakin berkurang. Tidak sampai di situ saja, kemajuan teknologi membuat beberapa gerai makanan di China juga sudah menggunakan pelayan robot.

3. Pembantu rumah tangga

foto :www.maidcv.com

Di Jepang jasa pembantu rumah tangga sudah bisa digantikan robot lho. Maka dari itu tidak menutup kemungkinan itu bisa menjalar ke seluruh dunia.

4. Penjual koran

foto : betanews.com

Sudahkah kamu membaca koran hari ini? Dari mana berita yang kamu peroleh sekarang? berani bertaruh bahwa hampir 80 persen berita yang kamu peroleh didapatkan dari media sosial atau situs media online. Iya nggak?

5. Sales promosi barang

foto : modernmarketingtoday.com

Sales promosi barang masuk ke dalam deretan pekerjaan yang bakal 'unjuk rasa' dengan kemajuan teknologi. Keberadaan sales promosi mulai tidak dibutuhkan lagi saat semua barang dipromosikan lewat media sosial atau online shop.

KLIK NEXT UNTUK MELIHAT PEKERJAAN YANG TAK KAMU SANGKA BAKAL TERDAMPAK!

2 dari 2 halaman


6. Penjual DVD

foto : istimewa

Musik saat ini bisa dibeli secara online yang membuat keberadaan penjual DVD mulai menghilang.

7. Penjaga perpustakaan

foto : www.keene.edu

Saat ini semuanya bisa dilakukan secara online. Jika dulu untuk mengetahui letak buku harus bertanya ke penjaga perpustakaan, maka saat ini semuanya mulai digantikan komputer.

8. Agen travel

foto :thetravelauthority.blogspot.com

Tiket pun kini bisa diperoleh secara online. Hal itu membuat pekerjaan agen travel menjadi tersingkirkan.

9. Rental film

foto :www.journal-news.com

Sekarang mengakses film bisa dilakukan dengan mudah secara online tanpa datang ke tempat penyewaan film. Lama-kelamaan tukang rental film bisa gulung tikar.

10. Jasa ketik

foto :istimewa

Saat ini google doc sudah memiliki aplikasi perekam suara. Hal itu memudahkan mengerjakan tulisan hanya dengan ngomong saja, maka google akan menuliskan secara otomatis. Nah, kemajuan teknologi ini lambat laun akan menggantikan pekerjaan penjual jasa ketik.