Brilio.net - Perkembangan teknologi yang pesat saat ini patut untuk disyukuri. Beberapa pekerjaan yang dulu sulit dilakukan sekarang menjadi lebih mudah dilakukan. Namun, sadar atau tidak kamu pelan-pelan bakal tergantung dengan keberadaan teknologi tersebut. Misalnya, banyak orang sangat khawatir apabila lupa membawa gadget.

Nah, berikut 7 kemampuan manusia yang akan hilang karena kecanggihan teknologi, seperti brilio.net himpun dari berbagai sumber, Rabu (13/1:

1. Kemampuan mengingat nomor telepon

7 Kemampuan manusia ini hilang akibat kecanggihan teknologi, duh!

"Dulu itu bisa hafal beberapa nomor telepon karena takut kalau lupa bawa buku telepon dan ada kebutuhan telepon dengan menggunakan telepon umum," kata Dea (37), mahasiswa salah satu universitas negeri di Yogyakarta kepada brilio.net, Rabu (13/1).

Loading...

Dengan kecanggihan gadget, maka kemampuan orang untuk menghafalkan nomor telepon mulai berkurang Sebab gadget bisa menyimpan nomor telepon dengan mudah dan dalam jumlah yang banyak. Coba deh sekarang kamu coba hafal nomor telepon temanmu?

2. Navigasi

7 Kemampuan manusia ini hilang akibat kecanggihan teknologi, duh!

Apa yang kamu lakukan saat tersesat? sebagian besar orang akan membuka aplikasi maps yang hampir ada di setiap gadget. Padahal sebelum gadget secanggih saat ini untuk mengunjungi suatu tempat, seseorang harus memiliki kemampuan navigasi yang baik, minimal tahu dimana utara, selatan, barat dan timur.

"Inget waktu kecil tuh ampe hafal 8 arah mata angin, sekarang tinggal buka kompas aja di handphone," kata Fira (23), mahasiswa salah satu perguruan tinggi negeri di Yogyakarta.

3. Kemampuan komunikasi dengan orang baru

7 Kemampuan manusia ini hilang akibat kecanggihan teknologi, duh!

"Kalau di tempat umum nggak tahu harus ngapain ya tinggal ambil gadget ada, apalagi kalau lagi nunggu padahal dulu sih sebelum kecanduan gadget biasanya berbincang dengan orang yang ada di sekitar tapi sekarang jadi canggung," jelas Ferdi (22), mahasiswa teknik salah satu mahasiswa.

Gadget menjadi sangat mewabah di berbagai kalangan, mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Tapi sadarkan kalau karena gadget kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang baru di sekitarmu semakin berkurang?

4. Pemahaman ilmu dasar

7 Kemampuan manusia ini hilang akibat kecanggihan teknologi, duh!

Hal berikutnya yang terjadi di masyarakat adalah ketergantungan terhadap Google, sehingga ilmu-ilmu dasar yang harusnya diketahui menjadi dilupakan dan apabila menemui kesulitan solusinya adalah membuka search engine.

"Sekarang serba Google, bayangin ya saya cuma buat ngecek EYD aja itu sering ngetik di Google," kata Jenny (22), mahasiswa ekonomi perguruan tinggi negeri di Yogyakarta.

5. Menulis dengan tangan

7 Kemampuan manusia ini hilang akibat kecanggihan teknologi, duh!

Kecanggihan teknologi memang secara tidak langsung mengurangi berbagai kegiatan manusia seperti menulis dengan tangan. Manusia cenderung suka menulis di layar gadget.

"Pas masih SMA ya di kelas mesti bawa buku agenda kemana-mana yang berisi tulisan tentang kegiatan seharian, sekarang tinggal atur agenda aja di gadget," kata Dita (20).

6. Ilmu hitung sederhana

7 Kemampuan manusia ini hilang akibat kecanggihan teknologi, duh!

"Lucunya tuh sekarang penjumlahan standar aja biasanya rada ragu dan harus pakai kalkulator biar yakin," kata Herman (23), mahasiswa hukum perguruan tinggi negeri di Yogyakarta.

Ya, ini adalah fenomena yang tanpa kamu sadari hadir di kehidupan masyarakat karena kecanggihan teknologi.

7. Fotografi

7 Kemampuan manusia ini hilang akibat kecanggihan teknologi, duh!

Fotografi dulunya menjadi hal yang cukup sulit untuk dipelajari dan harus membutuhkan proses belajar yang sangat lama. Sekarang keberadaan kamera gadget dengan kualitas yang bagus bahkan beberapa melebihi kualitas kamera manual membuat minat pada ilmu fotografi menjadi berkurang.

"Dulu bisa dapat gambar bagus itu butuh waktu lama dan trial error dulu, sekarang mudah," kata Daniel (29), pegawai swasta di Yogyakarta.

Bagaimana menurutmu? Apakah 7 hal ini juga kamu rasakan?