×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
CR7 ogah tatoan karena ingin donor darah, ternyata ini 7 manfaatnya

0

Kesehatan

CR7 ogah tatoan karena ingin donor darah, ternyata ini 7 manfaatnya

Cristiano Ronaldo aja rajin donor darah, masa kamu nggak?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Aisy Nabilla

04 / 03 / 2018 04:35

Tidak salah sih jika tidak sedikit orang yang enggan melakukan donor darah. Pasalnya, bayangan jarum suntik masih menjadi momok menakutkan, termasuk bagi orang dewasa.

Selain itu, adanya ketakutan donor darah menjadi sarana penularan Human Immunodeficiency Virus (HIV) juga membuat banyak orang yang berpikir terlebih dulu sebelum aktivitas kemanusiaan ini.

Nah, mulai dari sekarang, kurangi ketakutan tersebut, ya. Daripada terus menerus ketakutan, lebih baik coba cek manfaat donor darah bagi kesehatan. Terus scroll ke bawah deh daripada penasaran terus menerus!

1. Mencegah Hemochromatosis
Hemochromatosis merupakan suatu kondisi kesehatan yang mucul karena tubuh kamu menyerap iron (zat besi) secara berlebihan. Kondisi ini biasanya diturunkan, atau disebabkan oleh kecanduan alkohol, anemia, dan masalah lainnya.

Nah, mendonorkan darah secara rutin ternyata dapat mengatasi kelebihan zat besi di dalam tubuh. Dengan begitu, secara langsung kamu juga mencegah hemochromatosis. Tak hanya itu, keseimbangan zat besi juga digadang-gadang dapat mencegah terjadinya penyakit jantung, lho! Hebat, bukan?

Loading...

2. Menurunkan risiko kanker
Menurut The Miller-Keystone Blood Center, mendonorkan darah secara rutin mampu menurunkan risiko terkena berbagai jenis kanker, seperti kanker hati, paru, tenggorokan, dan usus besar.

Kok bisa? Usut punya usut, penumpukan zat besi di dalam darah juga disinyalir dapat meningkatkan kadar radikal bebas yang memicu kanker. Nah, seperti penjelasan sebelumnya, manfaat donor darah yang dapat mengurangi penumpukan zat besi, artinya sekaligus menurunkan risiko terjadinya penyakit kanker, kan.

3. Memperlancar aliran darah
Selanjutnya, manfaat donor darah bagi kesehatan adalah untuk memperlancar aliran darah, lho. Berdasarkan penelitian terbaru, donor darah secara rutin, dapat membantu darah kamu mengalir lebih halus, lho. Artinya, dengan begitu mengurangi risiko aliran tersebut merusak lapisan pembuluh darah kamu, deh. Selain itu, mendonorkan darah juga bisa meminimalisir terjadinya penyumbatan arteri. 

4. Memperbarui sel-sel darah
Ketika Anda mendonorkan darah, tubuh akan menggantikan volume darah yang hilang setelah didonorkan, dalam waktu 48 jam. Artinya, sel-sel darah merah dalam tubuh Anda akan diperbarui, dan dalam 4 hingga 8 minggu kebutuhan sel darah merah akan terpenuhi. Sel-sel baru ini akan membantu tubuh Anda tetap sehat dan semakin produktif.

5. Meningkatkan produksi darah
Ini juga termasuk manfaat donor darah bagi darah. Mendonorkan darah secara teratur dapat pula memicu produksi sel-sel darah baru lebih lancar. Hal ini akan membuat tubuh bekerja lebih efisien dan menjaga tubuh Anda tetap sehat.

Tapi perlu diingat, agar darah dapat merasakan manfaatnya langsung, ada beberapa syarat donor darah yang harus diikuti, nih! Beberapa syarat utama adalah memastikan kalau tekanan darah kamu berkisar di nilai 100-150 (sistol) dan 70-100 (diastol) atau artinya tidak sedang menderita hipertensi. Selain itu, pastikan juga kalau syarat minimal hemoglobin kamu berkisar di angka 12,5-15 g/dl.

6. Membakar kalori
Jarang lho yang tahu, manfaat donor darah bagi kesehatan secara rutin dapat membakar kalori sekaligus menurunkan berat badan kamu, lho. Menurut University of California, setiap menyumbangkan satu kantong (500 ml) darah, sekitar 650 kalori akan terbakar habis. Karenanya, para pendonor rutin bisa kehilangan cukup banyak berat badan. Hanya saja, jangan jadikan donor darah sebagai program penurunan berat badan, ya!

7. Check-up kesehatan gratis
Nah ini yang disebut sambil menyelam minum air. Saat Anda terdaftar sebagai peserta donor darah, sebelum melakukan donor kesehatan Anda akan diperiksa secara lengkap. Mulai dari pengujian tes hepatitis, sifilis, hingga HIV, untuk memastikan tidak akan menularkan melalui transfusi darah. Semua ini dilakukan secara cuma-cuma lho, alias gratis! Jadi kamu bisa sekalian mengetahui kondisi kesehatan tubuh.

Nah, itu dia 7 manfaat donor darah bagi kesehatan yang harus Anda ketahui. Mulai dari sekarang, hilangkan keraguan untuk mendonorkan darah demi mendapatkan segala manfaat tersebut, ya! Semoga bermanfaat!

 

 

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red