×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Yuk, lakukan 5 langkah ini supaya kamu terhindar dari korupsi waktu

0

Kepribadian

Yuk, lakukan 5 langkah ini supaya kamu terhindar dari korupsi waktu

Hindari korupsi waktu supaya waktumu tidak terbuang sia-sia!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Nuraina Fika Lubis

16 / 01 / 2020 11:20

Selama ini, kita mendengar istilah korupsi hanya dikaitkan dengan uang. Namun, waktu pun dapat menjadi sasaran korupsi oleh manusia. Korupsi waktu terkait dengan kegiatan mempergunakan waktu dengan sewenang-wenang. Tak jarang yang dirugikan akibat kegiatan ini adalah orang lain, bahkan dirimu sendiri. Nah, bagaimana caranya agar kamu terhindar dari korupsi waktu? Yuk simak list di bawah ini!

1. Buat jadwal kegiatan harian.

Jadwal kegiatan harian

Foto: pexels.com/@thngocbich

Saat ini banyak dijual buku agenda atau poster planner yang dapat ditempelkan di dinding. Kamu dapat menuliskan rencana kegiatanmu untuk hari ini dan seterusnya pada kedua benda tersebut. Usahakan untuk menulis kegiatan yang menjadi prioritas terlebih dahulu beserta waktu memulai dan mengakhirinya. Jadwal kegiatan harian ini dapat membantumu untuk memprogram kegiatanmu supaya lebih terarah. Selain itu, kamu pun terhindar dari rencana melakukan kegiatan yang tidak sesuai dari jadwal kegiatan tersebut.

Loading...

2. Tidak melakukan kegiatan yang membuang waktu.

Membuang waktu

Foto: pexels.com/@jeshoots-com-147458

Sering kali ketika bekerja ataupun belajar, kamu memainkan ponselmu sampai lupa waktu. Nah, ketika sudah lupa waktu, kamu telah membuang sebagian besar waktu bekerja dan belajarmu. Contoh lain kegiatan yang membuang-buang waktu adalah kamu memanjangkan waktu istirahatmu. Hal ini tidak boleh dibiarkan terus-menerus karena waktu bekerja atau belajarmu akan semakin sedikit. Supaya waktumu tersebut cukup, kamu harus berusaha keras untuk tidak melakukan kegiatan di luar pekerjaan atau pelajaranmu. Jika kamu merasa jenuh dengan pekerjaan atau pelajaran, kamu boleh saja melakukan refreshing, tetapi dengan waktu tidak berlama-lama dan terjadwal.

3. Tidak menunda waktu.

Menunda waktu

Foto: educenter.id

Sering kali kamu mendengar pepatah “Waktu itu adalah uang” yang bermakna waktu merupakan sesuatu yang sangat berharga. Pepatah tersebut membuat kita harus memanfaatkan waktu sebaik dan seefisien mungkin. Menunda waktu akan menyebabkan waktumu semakin terbuang dengan percuma. Bahkan lebih parah lagi, kamu lupa menyelesaikan pekerjaanmu sehingga berakibat fatal bagi dirimu dan orang lain. Solusinya adalah segera selesaikan pekerjaanmu dengan selang waktu yang diberikan dan jangan menunda untuk menyelesaikannya.

4. Pasang pengingat pada ponselmu.

Pengingat pada ponsel

Foto: imore.com

Jika kamu sering membawa ponsel, sebaiknya pasang pengingat di dalamnya. Aplikasi ini bertujuan untuk mengingatkanmu pada kegiatan-kegiatan yang akan kamu lakukan. Aplikasi ini sangat praktis digunakan sehingga dapat menjadi alternatif buku agenda kegiatanmu. Lebih penting lagi, waktumu tidak akan terbuang sia-sia dengan memakai aplikasi ini.

5. Mempunyai tekad untuk menghindari korupsi waktu.

Tekad untuk menepati waktu

Foto: thegentlemansjournal.com

Usahamu untuk menghindari korupsi waktu harus dimulai dari tekad. Tekad yang kuat akan membiasakanmu untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Sebagai contoh, kamu akan terbiasa datang tepat waktu ke tempat kerjamu, tidak menitipkan absen kepada orang lain, tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat di luar pekerjaanmu, dan lain-lain. Semakin konsisten kamu memanfaatkan waktu dengan baik, maka semakin baik pula hasil pekerjaan yang kamu dapatkan.

Setelah membaca list di atas, kamu pasti terinspirasi untuk segera menghindari tindakan-tindakan yang menyebabkan korupsi waktu. Yuk, segera lakukan langkah-langkah pada list di atas supaya waktumu tidak terbuang dengan percuma.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red