Wahyu Ichwandardi atau lebih dikenal dengan nama Pinot, adalah animator terkenal dari Indonesia yang karyanya sudah diakui oleh dunia internasional. Wahyu ini lahir di Surabaya 29 Oktober 1969. Alumni Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (ITB) ini terkenal dengan video animasi Stop Motion-nya. Di mana Wahyu lebih suka melibatkan benda-benda di sekelilingnya untuk dimasukan ke video animasi yang dibuatnya.

Untuk memperkenalkan karyanya pada dunia, Wahyu memanfaatkan media sosial seperti Vine, Steller, Snapchat, Twitter bahkan saat ini dirinya lebih aktif memposting karyanya lewat akun Instagram miliknya @pinot.

Animator muda ini keren banget, karya-karyanya sudah mendunia

Keahlian Wahyu dalam membuat video Stop Motion ini dilirik oleh beberapa perusahaan untuk mempromosikan produk mereka. Dan keahliannya ini membuat dia dikenal di dunia internasional dan menyabet beberapa penghargaan seperti pemenang untuk kategori animasi dalam Fast Film Fest tahun 2013, nominasi kategori animasi pada Festival Film Tribeca. Tahun 2014, Pinot mendapat penghargaan kategori Vineography di ajang Shorty Awards.

Dan kini Wahyu tinggal di New York bersama istri dan ketiga anaknya. Ia juga bekerja pada sebuah agensi bernama Grape Story.

Animator muda ini keren banget, karya-karyanya sudah mendunia

Karir Wahyu dimulai saat dirinya bekerja di RCTI sebagai seorang New Graphic Designer. Dan pada 2001, dia dipercaya sebagai head of promotion creative service yang melayani unit lebih banyak lagi, tidak hanya redaksi, tetapi juga korporasi.

Ketiga anak Wahyu pun memiliki bakat yang sama dengan kedua orangtuanya. Wahyu dan istrinya Dita Wistari Yolashasanti, memperbolehkan ketiga anaknyaArwen, Leia dan Neo untuk bermain media sosial dengan pengawasan yang ketat.

. Animator muda ini keren banget, karya-karyanya sudah mendunia

Beberapa penghargaan yang pernah didapatkan oleh Wahyu:

1. Juara kategori Vineography untuk Shorty Awards (2014)
2. Finalis kategori animasi Tribeca Film Festival (2014)
3. Audience Award Fast Film Fest (2013)
4. Peraih kategori animasi di Fast Film Fest (2013)
5. Nominasi kategori animasi di Tribeca Film Festival (2013)

Buat kalian yang ingin melihat hasil karya Pinot bisa langsung follow media sosialnya Vine, Stellar, Snapchat, Twitter atau Instagramnya.