Pernahkan kamu berpikir waktu puasamu sangat lama? Kamu harus menahan lapar, haus, dan menahan godaan duniawi dari sebelum matahari terbit sampai terbenam kembali. Hampir seharian penuh kamu melakukannya demi kewajiban dan mengharap pahala dan keberkahan.

Kadangkala ada saja ujian datang mengusik, misalnya berhadapan atau bertemu dengan orang yang tak berpuasa, cuaca panas yang mengakibatkanmu dehidrasi, rasa lapar berlebih karena tak santap sahur, emosi karena pekerjaan yang menumpuk, terkena macet saat siang hari atau sore menjelang berbuka, atau bahkan hal-hal kecil seperti bergosip. Ujian itulah cara Tuhan menguji keimananmu. Jangan sampai kamu tergoda dan akhirnya membatalkan atau batal karena belum waktunya berbuka.

Wow, 10 negara ini punya waktu puasa terlama

Sumber: www.kompasiana.com

Puasa tak hanya perkara menahan lapar dan minum. Lebih dari itu, indahnya bulan puasa akan dirasakan jika kamu benar-benar khusyuk dalam beribadah sehingga ujian selama bulan puasa tak ada tandingannya. Meskipun demikian, bagi sebagian orang Indonesia berpuasa dari sebelum terbitnya matahari sampai terbenamnya matahari kadangkala terasa sangat lama. Tanpa sadar kamu selalu mengeluh dan menantikan kapan waktu berbuka puasa. Apabila kamu masih seperti itu, sebaiknya kamu lebih bersyukur. Ada beberapa negara yang memiliki waktu puasa terlama dari waktu puasa di Indonesia yang rata-rata hanya 13 jam.

Dikutip dari @mediawanitamaya, ada sepuluh negara dengan waktu puasa terlama. Kira-kira, negara apa saja, ya?

1. Amerika Serikat.

Wow, 10 negara ini punya waktu puasa terlama

Sumber: kumparan.com

Amerika Serikat terkenal dengan tingkat obesitas tertinggi di dunia. Sekitar 33% populasi di Amerika Serikat menderita obesitas dan 66% sisanya mengalami kelebihan berat badan. Negara yang beribu kota di Washington D.C. ini memiliki waktu puasa lebih dari 15 jam. Waktu berpuasa di Amerika Serikat adalah sekitar 16 jam 15 menit. Masyarakat yang tinggal di AS harus menahan lapar tiga jam lebih lama dari puasa di Indonesia.

2. Kanada.

Wow, 10 negara ini punya waktu puasa terlama

Sumber: pxhere.com

Kanada dan Amerika Serikat dulunya adalah satu ekspansi bangsa Eropa. Ketika terjadi Revolusi Amerika, tak terjadi kesepahaman antara keduanya sehingga melahirkan dua negara yang berbeda. Di Kanada, waktu puasa sekitar sekitar 16 jam 49 menit. Apabila kamu sekarang berada di Ottawa (ibu kota Kanada), kamu harus sanggup menahan puasa empat jam lebih lama dari waktu puasa di Indonesia.

3. Prancis.

Wow, 10 negara ini punya waktu puasa terlama

Sumber: pxhere.com

Prancis selain terkenal dengan menara Eiffel, juga terkenal dengan minuman anggurnya (wine). Sebutan City of Light (Kota Cahaya) juga melekat pada negara ini. Terdapat 296 situs bercahaya yang berasal dari jembatan, gereja, air mancur, hotel, dan bangunan nasional. Di Paris, Prancis, waktu puasa sekitar 17 jam 52 menit atau satu jam lebih lama dari Kanada dan empat jam lebih lama dari waktu puasadi Indonesia.

4. Inggris.

Wow, 10 negara ini punya waktu puasa terlama

Sumber: pxhere.com

Negara Inggris merupakan ibu kota dari London dan terkenal dengan Keluarga Kerajaan Britania Raya yang dipimpin oleh Ratu Elizabeth II. Putra mahkotanya adalah Pangeran Charles. Berita tentang kehidupan anggota keluarga kerajaan sangat digemari media. Inggris memiliki waktu puasa sekitar 18 jam 8 menit atau satu jam lebih lama dari waktu puasa Prancis. Artinya, dibandingkan di Indonesia, masyarakat Inggris harus menahan lapar sekitar lima jam lebih lama dari waktu puasa di Indonesia.

5. Belgia.

Wow, 10 negara ini punya waktu puasa terlama

Sumber: pxhere.com

Belgia adalah negara dengan produksi tahunan cokelat yang besar. Sekitar 220.000 ton coklat diproduksi setiap tahun. Belgia memiliki waktu puasa yang tak jauh berbeda dari Inggris. Negara yang beribu kota Brussel ini memiliki waktu puasa 18 jam 19 menit. Artinya, apabila kamu sekarang ada di Belgia, kamu harus menahan lapar sekitar delapan menit lebih lama dari waktu puasa di Inggris.

6. Jerman.

Wow, 10 negara ini punya waktu puasa terlama

Sumber: pxhere.com

Dulu, Jerman terpecah menjadi dua saat perang dunia 2 yaitu Jerman Barat yang bersekutu dengan Amerika dan Jerman Timur yang dikuasai Soviet. Sebagai pemisah, dibuatlah tembok yang bernama tembok Berlin. Jerman yang sekarang telah menyatu dan beribu kota di Berlin, yang memiliki waktu puasa 18 jam 37 menit. Bagi kamu yang berminat ke Jerman saat ini, kamu harus mampu menahan lapar lima jam lebih dari waktu puasa di Indoneisa.

7. Rusia.

Wow, 10 negara ini punya waktu puasa terlama

Sumber: pxhere.com

Rusia terkenal dengan banyaknya orang yang berstatus sebagai miliarder. Jumlah miliarder di kota Moskow bahkan jauh lebih banyak daripada jumlah miliarder di kota tersibuk dunia, New York. Andaikan sekarang kamu berada di Rusia, kamu harus menahan lapar sekitar hampir enam jam lebih lama dari waktu puasa di Indonesia. Ibu kota dari Moskow ini memiliki waktu puasa 18 jam 47 menit. Hanya selisih sepuluh menit dari waktu puasa di Jerman.

8. Norwegia.

Wow, 10 negara ini punya waktu puasa terlama

Sumber: pxhere.com

Berdasarkan Global Peace Index tahun 2017, Norwegia adalah salah satu dari negara yang paling damai di dunia, menempati peringkat ke-14 dari 162 negara. Norwegia memiliki waktu puasa lebih lama hanya sekitar empat menit dari Rusia dan hampir selisih enam jam dari waktu puasa di Indonesia. Ibu kota dari Oslo ini memiliki waktu puasa 18 jam 51 menit.

9. Swedia.

Wow, 10 negara ini punya waktu puasa terlama

Sumber: pxhere.com

Swedia termasuk negara yang bersih dan bebas korupsi. Negara yang beribu kota di Stockhlom ini memiliki selisih waktu puasa hingga satu jam dari negara Norwegia. Swedia memiliki waktu puasa 19 jam 15 menit, selisih enam jam dari waktu puasa di Indonesia. Jadi, jika diibaratkan di Indonesia, kamu harus menahan lapar sampai pukul 00.00.

10. Islandia.

Wow, 10 negara ini punya waktu puasa terlama

Sumber: pxhere.com

Islandia dikenal sebagai sebutan Land Of Fire and Ice karena banyaknya gunung api dan gletser. Islandia menjadi negara dengan waktu puasa terlama dari negara-negara lainnya. Ibu kota dari Reykjavik ini memiliki waktu puasa sekitar 20 jam 56 menit atau hampir delapan jam lebih lama dari waktu puasa di Indonesia. Islandia juga memiliki waktu puasa hampir dua jam lebih lama dari Swedia.

Itulah beberapa negara yang memiliki waktu puasa terlama. Bayangkan saja bagaimana usaha mereka yang berada di negara-negara tersebut untuk menyelesaikan satu hari berpuasa. Jadi, mulai sekarang kamu harus lebih bersyukur dan khususk dalam beribadah, ya.