×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Fakta sepatu Bata yang jarang orang tahu, bukan asli Indonesia lho

0

Wow

5 Fakta sepatu Bata yang jarang orang tahu, bukan asli Indonesia lho

Mau tahu seperti apa fakta dari Sepatu Bata yang legendaris ini?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Herlambang Wibowo

22 / 03 / 2018 14:35

5 Fakta sepatu Bata yang jarang orang tahu, bukan asli Indonesia lho

Ilustrasi: DTC Wonokromo

Jika berjalan-jalan di pusat perbelanjaan di kota-kota besar, kita pasti menemukan toko yang menjual alas kaki dengan merk Bata. Tahukah sobat, sejak zaman ABG dulu, alias Angkatan Babe Gue, sepatu bata ini telah menjadi merk legendaris. Saking legendarisnya, tanya saja kakek-nenek sobat, mereka pasti familiar dengan merk alas kaki ini.

Di balik ketenaran merk sepatu bata ini, berikut adalah beberapa fakta menarik yang harus sobat ketahui.

1. Bata Bukan Sepatu Lokal

T&A Bata Shoe Company

Loading...

Ilustrasi: Pinterest

Ekspansi Bata yang mencakup hampir seluruh wilayah Indonesia, khususnya di Pulau Jawa, tak jarang melahirkan persepsi yang salah. Saking membuminya, banyak yang mengira jika Bata adalah merk sepatu lokal.

Faktanya, Bata adalah merk dagang dari Bata atau T&A Bata Shoe Company. Perusahaan besar ini terdaftar di Zlin, Cekoslovakia.

2. Bata Telah Berumur Lebih Dari Satu Abad

Bata Life 1894

ilustrasi: batalife.com

Tahukah Sobat, sebuah fakta mengejutkan menerangkan bahwa Bata telah berdiri sejak tahun 1894? Meski sejak didirikannya, Bata tak lantas menjelma menjadi produsen alas kaki raksasa.

Tomas, Anna dan Antonín, mereka adalah Bata bersaudara yang menjadi tokoh utama pendirian merk legendaris ini. 

3. Tak Pernah Ada Kesuksesan Yang Diraih Secara Instant

Fakta Sepatu Bata

Ilustrasi: private-prague-guide.com

Fakta mencengangkan bisa dilihat dalam buku Thomas John Bata dan Sonja Sinclair, Bata: Shoemaker to the World, 1990. Buku itu menceritakan jika Thomas Bata harus menyeberangi Samudera Atlantik, menuju New Engand, Amerika Serikat. Tujuannya hanya untuk bekerja di pabrik sepatu.

Di pabrik sepatu itu juga, ia belajar permesinan dan teknik manajemen dalam produksi sepatu. Butuh waktu 6 bulan untuk kembali ke Zlin, Cekoslovakia dan menerapkan ilmu yang didapatnya.

4. Bata Adalah Produsen Sepatu Tentara di Era Perang Dunia 1

Fakta Sepatu Bata

Ilustrasi: wamc.org

Tak lama setelah kembalinya Thomas Bata dari New England, perang dunia 1 berlangsung di wilayah Eropa. Seperti halnya Jeep di Amerika yang lahir akibat kebutuhan terhadap kendaraan perang. Bata pun muncul sebagai sebuah industri besar yang memenuhi kebutuhan alas kaki tentara Austro-Hungaria di era Perang Dunia 1 tersebut.

The Encyclopedia of the Industrial Revolution in World History, 2014 dan Czech Republic: The Bradt Travel Guide, 2006, menerangkan bahwa sepanjang perang berlangsung, Bata telah memproduksi lebih dari 50 ribu pasang sepatu tentara Austro-Hungaria.

5. Jumlah Sepatu Yang Telah Diproduksi

5 Fakta sepatu Bata yang jarang orang tahu, bukan asli Indonesia lho

Ilustrasi: foto.detik

Sepanjang sejarahnya, Bata telah memproduksi lebih dari 14 milyar pasang sepatu. Jumlah ini, belum termasuk produk alas kaki lain, seperti sepatu sandal dan sandal.

Di Indonesia sendiri, Bata telah memproduksi lebih dari 7 juta pasang alas kaki. jumlah ini mencakup 400 model alas kaki yang terdiri dari sepatu, sepatu sandal dan sandal.

Jika dirata-ratakan, alas kaki yang diproduksi Bata mencapai 17.500 per tahun untuk setiap modelnya. jumlah ini setara dengan 1459 pasang sepatu per bulan untuk satu model saja. Dari hitungan sederhana di atas, total alas kaki yang diproduksi Bata Indonesia mencapai 583.333 pasang per bulannya.

 

Demikianlah 5 fakta sepatu Bata yang mendunia seperti yang terlihat pada saat ini. Satu hal yang peru digarisbawahi, kesuksesan selalu didapat dari ketekunan dan pembelajaran. Bagaimana? Terinspirasi dengan dengan kesuksesan Bata? [~hers]






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    100%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red