Wojtek memang bukan nama yang sering didengar. Namun percaya atau tidak, ia adalah pahlawan Perang Dunia II Polandia yang merupakan beruang cokelat Suriah yang yatim piatu.

Setelah induknya dibunuh oleh pemburu, beruang malang tersebut dipungut oleh seorang bocah Iran yang kemudian menghadiahkannya kepada Kompi Suplai Artileri 22 Polandia pada Agustus 1942. Pasukan di bawah pimpinan Inggris itu lantas menjadikan beruang tersebut sebagai maskot pembangkit semangat, yang diberi nama Wojtek.

Wojtek, beruang cokelat Suriah yang jadi pahlawan Perang Dunia II Wojtek: http://www.badassoftheweek.com

Para tentara memberinya susu, buah-buahan, dan madu sebagai makanan sehari-hari. Namun uniknya ia juga senang minum bir, merokok, dan makan tembakau. Wojtek sangat senang belajar. Ia dilatih bergulat oleh para tentara, mengangkat saluir saat menemui komandan, dan bahkan bersikap sebagai prajurit patuh. Setelah berkelana melintasi Iran, Irak, Suriah, Palestina, dan terakhir Mesir, Wojtek pun terpaksa harus ditinggalkan saat Kompi 22 ditugaskan untuk bertempur ke Italia. Statusnya sebagai hewan membuat beruang itu tidak diizinkan ikut.

Wojtek, beruang cokelat Suriah yang jadi pahlawan Perang Dunia II Dymitr Szawlugo (anggota Kompi 22) dan Wojtek: http://time.com

Untuk mengelak dari masalah tersebut Kompi 22 pun mencetuskan sebuah solusi radikal di mana Wojtek secara resmi diangkat sebagai tentara Polandia. Berpangkatkan Prajurit, Wojtek ditugaskan sebagai anggota Kompi Suplai Artileri 22 dan mendapatkan slip gaji serta nomor induk pribadi layaknya semua tentara. Ia membuktikan kemampuannya dengan membantu pasukan artileri di Pertempuran Monte Cassino pada 1944 dengan membawakan amunisi untuk setiap meriam.

Setelah perang usai Wojtek dan Kompi 22 kemudian dipindahkan ke Kamp Winfield, Scotlandia, sebelum akhirnya Wojtek dipindahkan lagi ke Kebun Binatang Edinburgh pada 1947. Ia sangat populer di kalangan masyarakat lokal dan mendapat banyak kunjungan dari jurnalis, serta veteran Polandia yang pernah bertempur bersamanya dulu. Wojtek meninggal pada 1963 di kebun binatang itu.

Wojtek, beruang cokelat Suriah yang jadi pahlawan Perang Dunia II

Insignia Kompi Suplai Artileri 22: en.wikipedia.org

Untuk mengenang jasanya Polandia mengangkat Wojtek sebagai salah satu pahlawan perang. Kompi Suplai Artileri 22 pun menggunakan figurnya yang sedang memanggul proyektil meriam sebagai insignia kesatuan mereka.