×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Windows 11: Persyaratan sistem minimum dan perubahannya

0

Gadget

Windows 11: Persyaratan sistem minimum dan perubahannya

Microsoft akan melakukan pembaharuan terhadap Windows 10 menjadi Windows 11.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Nadya Anggita

21 / 07 / 2021 10:15

Sudah tahukah kamu kabar bahwa Windows akan mengalami peningkatan? Windows 10 yang telah menemani kita selama enam tahun akan ditingkatkan menjadi Windows 11 yang memiliki berbagai fitur terbaru tidak kalah menarik. Windows 10 akan masih menemani kita hingga tahun 2025. Kabar ini didapat dari Micrososft pada acara "what’s next for windows?" yang diselenggarakan secara virtual pada  tanggal 24 Juni 2021.

Windows 11 akan hadir pada akhir tahun 2021 hingga berlanjut sampai awal tahun 2022. Pengguna Windows 10 dapat meningkatkan secara gratis, jika Windows 11 ini telah dirilis dan perangkat yang digunakan telah memenuhi persyaratan sistem minimum. Namun, apabila perangkat yang digunakan tidak memenuhi persyaratan, maka perangkat tidak dapat ditingkatkan ke Windows 11.

Jangan khawatir teruntuk perangkat yang tidak dapat ditingkatkan ke Windows 11 masih bisa menggunakannya hingga Oktober 2025. Jika ingin dapat ikut menggunakannya saat awal pembaruan mungkin dapat mempertimbangkan untuk membeli perangkat baru. Untuk lebih meyakinkan perangkat yang digunakan telah memenuhi syarat atau belum dapat memeriksa dengan Produsen Peralatan Asli (OEM) PC kamu atau jika sudah memiliki windows 10 dapat menggunakan aplikasi pemeriksaan kesehatan PC untuk melihat kompatibilitas dari perangkat yang digunakan.

Berikut persyaratan sistem minimum yang telah dilansir oleh Microsoft (2021):

- Prosesor: 1 gigahertz (GHz) atau lebih cepat dengan 2 atau lebih core pada prosesor 64-bit yang kompatibel atau System on a Chip (SoC)

Loading...

- Memori: 4 GB RAM

- Penyimpanan: 64 GB atau perangkat penyimpanan yang lebih besar

- Firmware system: UEFI, Boot yang aman

- TPM: Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0

- Kartu grafik: Grafis yang kompatibel dengan DirectX 12 / WDDM 2.x

- Tampilan: > 9" dengan Resolusi HD (720p)

- Koneksi internet: Akun Microsoft dan konektivitas internet diperlukan untuk pengaturan Windows 11 Home

Pada Windows 11 nantinya akan mengalami beberapa perubahan seperti:

- Tampilan yang lebih modern, bersih, segar, dan indah yang membuat penggunanya lebih merasakan ketenangan dan kenyamanan.

- Ikon start pada windows

- Snap layout yang dapat lebih memudahkan pekerjaan sekaligus. Seperti tata letak snap dan desktop. Untuk kalian yang ingin mengerjakan beberapa pekerjaan dalam waktu yang sama, cocok sekali Windows 11 untuk digunakan, serta menempatkan aplikasi secara berdampingan. Windows 11 akan memberikan kesederhanaan bagi penggunanya.

- Posisi taskbar yang sudah tidak dimulai dari sisi kiri lagi, melainkan terdapat di sisi tengah. Sedangkan posisi koneksi Wi-Fi, status baterai, dan keterangan seperti jam dan tanggal masih tetap di bagian kanan. 

- Aneka fitur widget yang informatif seperti prediksi cuaca, kalender, dan peta.

- Store Microsoft baru di Windows 11 akan menghadirkan berbagai macam aplikasi yang terdapat pada android. Selain itu, store ini akan memudahkan penggunanya untuk pencarian dan penemuan cerita koleksi. Nantinya akan terdapat fitur terbaru seperti toko “pop up” dan pengguna juga dapat mengunduh aplikasi langsung dari browser. Windows 11 ini benar-benar dirancang untuk mempermudahkan pekerjaan kita.

- Kualitas dalam bermain game yang sebelumnya hanya tersedia di konsol, kini tersedia di Windows 11 yang termasuk directstorage. Untuk mendapatkan manfaat dari directstorage ada beberapa yang dibutuhkan seperti PCle 3.0+ NVMe SSD dan GPU yang mendukung DirectX 12 dan Shader Model 6.0+. Hal ini memungkinkan pengurangan waktu memuat dan dunia hidup yang lebih luas dan terperinci. Serta HDR otomatis yang secara otomatis memperbarui DirectX 11 dan game yang lebih baru dengan pencahayaan dan warna yang ditingkatkan ke rentang dinamis tinggi tanpa perlu kerja tambahan.

- Sebuah PC yang dapat 2 in 1 menjadi tablet yang nantinya dapat menyesuaikan sendiri seperti jarak yang besar pada masing-masing ikon pada taskbar apabila keyboard dilepaskan. Inovasi terbaru ini terdapat pada sentuhan, pena, dan suaranya. Windows 11 menghadirkan pengetikan dalam pengetikan suara. Buat kamu yang ingin mengerjakan pekerjaan namun malas untuk mengetik, Windows 11 dapat diandalkan karena nantinya Windows 11 dapat otomatis mengetik dan memberikan tanda baca mengikuti apa yang dikatakan oleh penggunanya.

Jangan khawatir dengan keamanannya karena nanti Windows 11 akan menggunakan teknologi keamanan built-in baru yang menambah perlindungan dari chip ke cloud. Windows 11 juga menyediakan sistem operasi zero trust ready untuk melindungi data dan akses di seluruh perangkat (Indonesia News Center, 24 Juni 2021).

Semakin menarik banget bukan Windows 11 ini? Yuk, cek segera perangkatmu sudah bisa ditingkatkan ke Windows 11 atau belum. Supaya kamu bisa merasakan keindahan dan kenyamanan Windows 11 ini jika sudah tersedia. Jangan sampai ketinggalan untuk menggunakannya.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red