Kamumungkin tidak akan pernah mengetahui seperti apa lingkunganmu. Bisa jadi lingkungan yang kamu anggap bersih dan aman, tanpa disadari lingkungan itu mampu memiliki pengaruh buruk. Misalnya di lingkungan yang kamu kira bersih namun hanya karena satu faktor bisa menjadi tempat bersemayamnya virus atau penyakit. Contohnya jika kamu jarang menguras bak kamar mandi, bisa jadi ada jentik-jentik nyamuk yang bersemayam dan menjadi salah satu faktor munculnya penyakit demam berdarah.

Demam berdarah (DB) atau demam berdarah dengue (DBD) adalah suatu penyakit febril akut yang telah ditemukan pada daerah tropis dan penyebarannya terjadi mirip dengan adanya penyakit malaria. Penyakit demam berdarah yang disebabkan oleh adanya salah satu dari empat seterotipe virul dari genus Flavivirus, famili Flaviviridae. Penyakit demam berdarah disebarkan karena adanya nyamuk aedes aegyptidi mana ketika nyamuk tersebut bersemayam dan kemudian mengigit kulitmu maka besar kemungkinan kamuterkena penyakit demam berdarah.

Gejala awal penyakit demam berdarah ini sendiri ditandai dengan munculnya demam secara tiba-tiba, rasa sakit kepala yang berat, terasa sakit pada persendian dan otot (myalgia dan arthralgia) dan ruam-ruam demam berdarah yang mempunyai ciri-ciri yaitu berwarna merah terang dan biasanya muncul perlahan pada bagian bawah badan pada beberapa pasien, kemudian menyebar hingga menyelimuti hampir seluruh tubuh. Selain itu pasien demam berdarah biasanya merasakan sakit pada bagian perut, rasa mual, muntah-muntah, atau diare serta pilek ringan yang disertai dengan batuk-batuk.

Seperti yang kamu ketahui bahwa penyebab terbesar dari demam berdarah adalah nyamuk. Satu satunya cara mencegah penyakit demam berdarah adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan rumah sekitar kamu danmengawasi beberapa tempat yang menjadi sasaran untuk nyamuk bersemayam seperti kamar mandi atau pekarangan rumah. Selain itu kamu harus dengan baik menguras, mencuci, dan mengubur barang-barang yang sekiranya sudah tidak terpakai jika memang kamu enggan untuk membuangnya.

Jikasudah mengetahui betapa besarnya pengaruh dari penyakit demam berdarah, jangan sampai menyepelekan hal yang kelak akan berakibat fatal bagi kesehatanmu. Oleh sebab itu tetaplah mawas diri agar kamuterlindungi dan terhindar dari banyaknya penyakit. Karena jika bukan kamu yang menjaga kesehatanmu dengan baik,lantas siapa lagi?

Tetaplah menjadi pribadi yang bijak dalam mengatur pola hidup dan kesehatanmu. Untuk pasien yang sudah terkena penyakit demam berdarah, maka hal yang harus dilakukan adalah tetap mengonsumsi buah-buahan dan sayuran untuk menambah nutrisi dalam tubuh. Biasanya buah yang dikonsumsi oleh pasien yang terkena demam berdarah adalah jambu merah untuk menaikkan trombosit dalam tubuh. Agar fungsi dalam tubuh kembali berfungsi normal dan pulih, usahakan mengatur pola hidup secara teratur dan baik.

Menjaga kesehatan dengan sebaik mungkin adalah cara yang paling ampuh karena saat ini banyak sekali makanan yang dijual di sembarang tempat. Jangan sampai ceroboh dalam memilih dan mengonsumsi makanan agar kesehatanmu juga senantiasa terjaga.