×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Viral marketing, influencer marketing, atau content marketing?

0

Ekonomi

Viral marketing, influencer marketing, atau content marketing?

Foto: https://blog.xendit.co/id/wp-content/uploads/2018/11/online-marketing-web.jpg

Ada berbagai jenis marketing produk yang efektif agar sampai pada target pasar yang dituju.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Defri Sammari

06 / 02 / 2020 17:15

“Jutaan orang bahkan tidak menyadari mereka dapat menghasilkan 1000 USD dalam sehari tanpa meninggalkan rumah dan anda adalah satunya.”

Beberapa waktu lalu kamu pasti sudah tidak asing mendengar kalimat seperti itu. Ya benar, dia adalah “Budi Binomo”, iklan yang viral karena pembawaannya yang unik dan iming-iming hasil trading yang sangat besar. Namun di sini saya tidak akan membahas apa itu Binomo, tetapi bagaimana sebuah iklan dapat viral.

Menurut Arndt (1967), konsep dari viral marketing adalah bagaimana komunikasi dari sebuah produk dibicarakan orang-orang dari mulut ke mulut atau di dalam social media. Jadi viral marketing adalah suatu iklan yang banyak dibicarakan orang atau di dalam media sosial banyak dibagikan sehingga iklan tersebut menjadi pusat perhatian.

Viral marketing ini memiliki banyak sekali keuntungan karena tidak memerlukan biaya yang sangat besar untuk iklan. Karena banyak orang yang membagikannya di media sosial sehingga penontonnya akan sangat banyak. Tetapi yang harus diperhatikan adalah bagaimana iklan tersebut menjadi viral. Yang pasti jika ingin membuat iklan yang viral yaitu harus beda dari yang lain, unik, out of the box, jarang dibahas, dan menarik perhatian orang lain.

Sedangkan untuk influencer marketing, ketika memulai bisnis brand kaos saya mencoba untuk menggunakan jasa endorse selebgram. Tetapi dengan harga yang lumayan mahal untuk usaha yang baru dirintis akhirnya saya memutuskan untuk tidak menggunakannya. Selebgram yang penulis hubungi memiliki followers sekitar 500.00 dan dia memasang tarif Rp1.500.000,- untuk instastory selama 24 jam.

Loading...

Dari pengalaman beberapa teman sebenarnya iklan menggunakan influencer ini cukup efektif walaupun harganya lumayan mahal. Yang harus diperhatikan adalah kita harus mengetahui siapa target pasar kita secara spesifik sehingga iklan yang dipasang sampai pada target pasar. Contohnya jika kita memiliki bisnis kaos dengan desain superhero, maka carilah influencer yang juga memiliki latar belakang yang sama misalnya selebgram yang aktif di komunitas pencinta superhero.

Dan untuk content marketing yaitu konsep marketing yang menggunakan konten yang relevan dengan produk untuk menarik, memperoleh dan melibatkan audiens. Jika sudah memiliki bisnis yang mapan kita dapat menggunakan content marketing dengan membuat konten dalam website perusahaan yang berhubungan dengan bisnis. Contohnya adalah ketika memiliki bisnis kaos, maka kita dapat memasukkan konten bagaimana cara merawat kaos, bagaimana cara membedakan jenis-jenis kaon, dan bagaimana cara memilih kaos yang sesuai dengan aktivitas. Sehingga pembeli merasa diberikan informasi yang sangat berguna dan menjadi bahan pertimbangan untuk membeli produk kita.

Dari ketiga konsep marketing tersebut, yang terbaik menurut penulis adalah viral marketing karena tanpa kita memasang iklan orang-orang akan membicarakan atau membagikannya sehingga sebaran iklan menjadi sangat luas dan menjangkau bukan saja target pasar perusahaan, tetapi golongan masyarakat lain yang mungkin dapat menambah jumlah pelanggan.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red