J-RPG merupakan singkatan dari Japanese-Role Playing Game. Maksud darirole playing disini adalah kita berperan sebagai protagonis di dalam game dan menjalani kehidupan karakter tersebut. Biasanya, game dengan genre ini seringkali berbentuk fantasi, namun ada juga yang dibuat secara Sci-fi. Banyak sekali game dari genre ini, namun hanya sedikit yang bertahan hingga sekarang, seperti berikut ini :

1. Final Fantasy

4 Video game zaman old yang masih bertahan hingga zaman now

https://goo.gl/images/iQqBM2

Game ini pertama kali dibuat pada tahun 1987 dengan judul "Final Fantasy". Sebenernya, niat pembuatan game ini adalah game terakhir yang dibuat oleh developer, namun ternyata game ini berhasil sukses dan menghasilkan banyak sekuel. Hingga sekarang, game ini sudah ada hingga 15 judul, dari Final Fantasy hingga Final Fantasy XV. Yang paling menarik dari game ini adalah kualitas grafik yang sangat bagus, dan cerita yang khas di setiap serinya.

2. Suikoden

4 Video game zaman old yang masih bertahan hingga zaman now

https://goo.gl/images/ak1Q6D

Game Suikoden ini pertama kali rilis di tahun 1995. Game ini merupakan game J-RPG yang memiliki banyak sekali karakter yang dapat di gunakan di dalam gamenya. Total karakter mencapai 108 dan setiap karakter memiliki peran penting di dalam game ini. Sejauh ini, game ini sudah terdiri dari 5 seri, Suikoden sampai Suikoden 5. Berbeda dengan Final Fantasy, cerita di game ini saling berhubungan antara seri satu dan yang lainnya.

3. Dragon Quest

4 Video game zaman old yang masih bertahan hingga zaman now

https://goo.gl/images/xc79uE

Game ini pertama kali rilis pada tahun 1986, dan sudah menghasilkan XI series hingga tahun 2017 ini. Keunikan game ini terdapat pada design karakternya yang khas dan masih dipertahankan sampai sekarang. Dragon quest dan Final Fantasy merupakan 2 game yang mucul dalam era yang sama dan membawa J-RPG menjadi lebih baik di mata sosial.

4. Megami Tensei

4 Video game zaman old yang masih bertahan hingga zaman now

https://goo.gl/images/gnpLe8

Seri game ini pertama kali muncul di tahun 1987 dengan judul Megami tensei : Digital Devil Story. Namun seri yang paling dikenal sampai sekarang adalah seri Shin Megami Tensei : Persona, yang sudah memiliki 5 seri. Keunikan dari Persona ini adalah selain battle yang menarik adalah kita dapat memainkan kehidupan sang protagonis di sekolahnya, yang membuat kita harus belajar dan bersosialisasi dengan orang lain.

Itulah beberapa game J-RPG yang masih bertahan dari era tahun 80-an hingga sekarang. Sebenarnya banyak sekali game J-RPG yang menarik untuk dimainkan, namun game diatas dapat menjadi referensi bagi yang ingin memulai untuk bermain game dengan genre ini.