×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Unik, cuma di desa ini seluruh rumah tidak memiliki pintu

0

Wow

Unik, cuma di desa ini seluruh rumah tidak memiliki pintu

Banyak sekali hal unik yang dapat kamu temui di India, salah satunya sebuah desa di mana setiap rumahnya tidak memiliki pintu sama sekali.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Abim Manyu

16 / 09 / 2019 19:25

Bayangkan bila kamu tidur atau pergi tetapi pintu rumah tidak dalam keadaan dikunci. Tentu saja kamu pasti gelisah, takut ada seseorang tak dikenal masuk dan mengambil barang berharga yang ada di dalam rumah. 

Uniknya di India terdapat sebuah desa yang sebagian besar rumah di sana tidak dikunci bahkan tidak memiliki pintu sama sekali, namanya Desa Shani Shingnapur yang terletak di negara bagian Maharashtra, sebelah barat India.

Desa dimana setiap rumahnya tidak memiliki pintu

Bila berkunjung ke desa ini, kamu bisa menemukan ratusan rumah yang tidak memiliki pintu. Warga di sana bahkan tidak khawatir dengan harta berharga mereka. Uang, emas, semua mereka simpan dalam kotak yang ada di dalam rumah tak berpintu. Siapa pun bisa masuk ke setiap rumah dengan mudah, termasuk pencuri.

Unik, cuma di desa ini seluruh rumah tidak memiliki pintu

Loading...

Meskipun begitu, mereka tetap yakin dengan keamanan rumahnya bahwa tidak akan ada pencuri yang menyusup. Hal ini dikarenakan kepercayaan mereka kepada Shani, Dewa Saturnus, yang dianggap sebagai pelindung desa.

Unik, cuma di desa ini seluruh rumah tidak memiliki pintu

Konon sekitar 300 tahun lalu setelah terjadi hujan lebat dan banjir, ditemukan lempengan batu berwarna hitam terdampar di tepi Sungai Panasnala, yang pernah mengalir melalui desa. Ketika penduduk setempat mencoba menyentuh batu setinggi 1,5 meter dengan tongkat, keluar darah dari benda tersebut.

Pada malam harinya, Dewa Shani muncul dalam mimpi penduduk dan mengungkap bahwa batu tersebut adalah perwujudan dirinya. Ia memerintahkan agar lempengan itu harus disimpan di desa, di mana ia akan berada di sana.

Shani  juga mengajukan satu permintaan, batu dan kekuatannya tak boleh ditutupi karena dua hal itu dibutuhkan untuk mengawasi desa tanpa hambatan. Dewa Saturnus itu kemudian memberkati pemimpin dan berjanji untuk melindungi desa dari bahaya.

Unik, cuma di desa ini seluruh rumah tidak memiliki pintu

Esok harinya, penduduk desa beramai-ramai memindahkan batu besar itu di tengah kota dan mereka memutuskan untuk menyingkirkan semua pintu dan gembok rumah karena menganggap Dewa telah mengawasinya.

Unik, cuma di desa ini seluruh rumah tidak memiliki pintu

Berkat kepercayaan itu, tak ada yang dikhawatirkan penduduk ketika meninggalkan rumah mereka yang tak berpintu. Terlebih lagi menurut kepercayaan mereka jika ada pencuri yang beraksi di Desa Shani Shingnapur akan mengalami nasib sial selama 7 tahun.

Unik, cuma di desa ini seluruh rumah tidak memiliki pintu

Hal ini juga berlaku bagi warga yang menggunakan pintu karena dianggap tidak percaya dengan Dewa. Kepercayaan yang kuat ini membuat desa ini menjadi salah satu desa paling aman di India. Sangat sedikit sekali angka kriminalitas yag terjadi di desa ini. Meskipun ada, tetapi sangat sedikit.

Unik, cuma di desa ini seluruh rumah tidak memiliki pintu

Selain itu bangunan-bangunan baru juga menghormati tradisi di sana. Seperti United Commercial Bank yang didirikan tahun 2011. Bank tersebut memasang pintu kaca di pintu masuknya dan terdapat sebuah kunci elektromagnetik tak terlihat yang diatur oleh remote control untuk menghargai tradisi tersebut.

Karena sejarah yang unik tersebut, Shani Shingnapur menarik para pengunjung. Setidaknya terdapat 40 ribu orang setiap harinya untuk mengunjungi kuil-kuil di sana. 

Unik, cuma di desa ini seluruh rumah tidak memiliki pintu

Namun waktu yang terus berubah dan karena perkembangan zaman, membuat beberapa penduduk memilih untuk tak melaksanakan tradisi tersebut. Mereka meminta izin kepada gram-panchayat-organisasi pemerintahan lokal-untuk memasang pintu dan kunci agar menjamin keselamatan keluarga.

Meskipun begitu, sebagian besar penduduk Shani Shingnapur berharap bahwa tradisi tersebut akan terus berlanjut, yakni Dewa Shani terus mengawasi mereka dari kejahatan hingga beberapa abad ke depan.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red