Sendirian bukan jadi penghalang untuk kita bisa bahagia. Bahagia boleh dari sekarang boleh juga untuk masa yang akan datang. Mari jadikan masa sendiri sebagai masa-masa menjadi produktif sekaligus bahagia. Karena usia kita tidak boleh terlewati dengan sia-sia. Berikut ini hal-hal yang bisa dijadikan pilihan:

1. Menuntut Ilmu

Umur 20-an masih jomblo? Tak apa, kamu bisa pakai waktu buat 4 hal ini

gambar: static.eurogates.nl

Menuntut ilmu jelas dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Belajar memang tidak mudah apalagi bila harus terdistraksi dengan masalah asmara dan segala kebaperannya. Beruntunglah kamu yang jomblo, potensi untuk lebih fokus belajar lebih tinggi dari yang tidak jomblo.

2. Mengupgrade Diri

Umur 20-an masih jomblo? Tak apa, kamu bisa pakai waktu buat 4 hal ini

gambar: luckycaesar.com

Belajar formal adalah salah satu cara mengupgrade diri, mengumpulkan pengalaman bekerja juga salah satunya. Tidak hanya itu, menebalkan keimanan dengan menuntut ilmu agama lebih dalam juga merupakan salah satu cara mengupgradediri. Selain itu, mengembangkan hobi dan membiasakan olah raga teratur agar tercapai sehat jiwa dan raga juga termasukmengupgrade diri agar lebih siap saat ingin membina rumah tangga nanti.

3. Menabung

Umur 20-an masih jomblo? Tak apa, kamu bisa pakai waktu buat 4 hal ini

gambar: google.com

Bagian terpenting yang harus dilakukan saat masih single adalah banyak-banyak menabung karena saat single tidak banyak pengeluaran untuk ngedate atau menraktir pasangan. Saat-saat seperti ini memerlukan keyakinan kuat untuk dapat menabung secara konsisten. Jangan khawatir tabunganmu akan sia-sia, di depan akan selalu ada cara untuk menggunakan tabunganmu termasuk untuk imunisasi pra nikah yang tidak semua dicover BPJS, untuk DP mobil, DP rumah, biaya kuliah lanjut, investasi usaha, dan biaya resepsi pernikahan.

4. Memanjakan Diri

Umur 20-an masih jomblo? Tak apa, kamu bisa pakai waktu buat 4 hal ini

gambar: qerja.com

Eh, ternyata yang membaca ini adalah mbak/mas jomblo cerdas, cakep, tajir, alim, maka tidak apa-apa, gunakan spare time ini untuk memanjakan diri, dengan jalan-jalan, atau mengunjungi nenek, silaturrahmi ke guru-guru jaman TK-SD-SMP-SMA, atau main ke teman-teman lama yang sudah tercecer di luar kota, hitung-hitung untuk menyambung relasi dan merefresh diri keluar dari lingkungan sehari-hari.