Pernahkah kamu merasa grogi saat berkumpul dengan banyak orang atau saat presentasi di depan banyak orang ? Apabilakamupernah mengalaminya, semua orang sebenarnya punya masalah seperti ini. Ada juga orang yang merasa belum percaya diri dengan apa yang telah dilakukannya.

Ada juga orang yang merasakurang percaya diriketika menghadapi situasi atau keadaan tertentu. Berdasarkan praktek hidup, kita bisa mengatakan bahwa yang terakhir itu normal dalam arti dialami oleh semua manusia.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk meningkatkan kepercayaan diri.

1. Mulailah hari dengan melakukan beberapa hal yang bisa anda kuasai.

10 Tips sederhana tingkatkan kepercayaan diri, nggak grogi lagi

Cara anda untuk memulai hari, akan memberikan pengaruh besar pada dirimu saat menjalani aktivitas. Jadi, mulailah hari anda dengan penuh semangat ini akan memberikan anda kekuatan dan aura positif agar memudahkan anda untuk bisa mendapatkan kepercayaan diri.

Sebelum memulai hari, lakukan kegiatan yang anda sukai dan kuasai. Misalnya, anda ingin berangkat bekerja lakukan itu semua dengan penuh semangat dan selesaikan pekerjaan anda dengan baik. Atau mungkin anda suka memasak, bisa dimulai dengan memasak untuk sarapan di pagi hari. Lakukan itu semua kegiatan itu secara intens. Dengan demikian, rasa percaya diri anda akan meningkat karena melakukan kebisaan yang anda sukai dan kuasai.

2. Fokuskan pikiran anda dengan hal yang positif.

10 Tips sederhana tingkatkan kepercayaan diri, nggak grogi lagi

Rasa percaya diri bisa muncul jika anda selalu berpikir positif dalam menjalani hari. Jangan ada rasa takut dan cemas menghantui anda sepanjang hari, itu akan membuat suasana hati dan pikiran anda menjadi buruk. Jadi, fokuskan dan niatkan dalam hati dan pikiran anda kalau anda bisa melakukan sesuatu dengan baik.

3. Selalu motivasi diri anda dengan kalimat-kalimat yang bisa menjadi penyemangat untuk diri.

10 Tips sederhana tingkatkan kepercayaan diri, nggak grogi lagi

Walaupun hanya sekedar ucapan penyemangat, namun ini bisa memberikan efek positif dalam diri anda. Misalnya saja anda bisa katakan dalam hati anda kalau I Can Do It, maka secara tidak langsung anda mendapat suntikan semangat dari diri anda sendiri. Tanamkan kalimat-kalimat ini secara rutin sehingga anda bisa merasa lebih yakin pada diri anda.

4. Temukan hal-hal yang bisa membuat anda merasa spesial dan bahagia serta lakukan itu setiap hari.

10 Tips sederhana tingkatkan kepercayaan diri, nggak grogi lagi

Cara untuk bisa menemukan hal-hal yang bisa membuat diri anda spesial adalah anda hanya perlu memberikan energi positif dan berpikir positif untuk diri anda sendiri. Entah anda melakukan hobi yang anda sukai atau merehatkan pikiran sejenak dari rutinitas anda. Lakukan itu secara rutin setiap hari. Dengan anda belajar memahami diri anda sendiri dan menanamkanmindsetbahwa anda itu spesial dan berharga. Maka kepercayaan diri itu akan datang dengan sendirinya dalam diri anda.

5. Keberanian

10 Tips sederhana tingkatkan kepercayaan diri, nggak grogi lagi

Untuk bisa meningkatkan kepercayaan diri dalam diri seseorang, salah satu caranya adalahbe bravedalam hal yang positif. Misalnya dulu anda pernah malu dan minder untuk bergaul dengan banyak orang atau tampil di depan banyak orang, salah satu cara untuk mengatasinya adalah beranikan diri kita untuk tersenyum menyapa dan memulai obrolan. Lakukan ini setiap hari saat rasa malu dan minder datang menghampiri diri anda. Dengan begitu, perasaan malu dan minder yang ada dalam diri anda, berangsur-angsur akan hilang.

6. Melakukan keberhasilan minimal 1 hal yang bisa membuat anda menjadi lebih percaya dengan talenta yang dimiliki.

10 Tips sederhana tingkatkan kepercayaan diri, nggak grogi lagi

Pernahkah anda merasa minder dengan diri anda sendiri ? Jika iya, jangan dibiasakan yang justru akan membuat diri anda menjadi terpuruk. Karena setiap manusia memiliki kemampuan. Anda harus percaya bahwa anda mempunyai kemampuan yang mungkin anda tidak sadari. kemampuan yang anda miliki bisa berawal dari hobi. Misalnya anda hobi banget nyanyi, kembangkan hobi anda sebaik mungkin dengan selalu berlatih setiap hari dan menjaga gaya hidup yang sehat. Seiring berjalannya waktu anda pun bisa menjadi penyanyi sesungguhnya. Atau mungkin bisa juga dengan melakukan hal kecil misalnya anda ingin sekali membelikan hadiah untuk orang tua anda, maka anda harus bekerja dengan giat dan rajin menabung agar bisa mewujudkan impian anda tersebut. Saat anda berhasil mewujudkannya, pasti di dalam hati anda sangat senang dan menyadari bahwa suatu pencapaian itu butuh proses dan tidak bisa instan. Sehingga anda bisa siap untuk menghadapi tantangan dan meraih keberhasilan asal anda selalu berusaha dan berdoa.

7. Bekali diri anda dengan pengetahuan.

10 Tips sederhana tingkatkan kepercayaan diri, nggak grogi lagi

Salah satu cara agar bisa meningkatkan kepercayaan diri seseorang adalah dengan pengetahuan. Salah satunya dengan buku. Menurut peribahasa, Buku adalah jendela dunia. Untuk bisa membuka jendela dunia tersebut anda harus rajin membaca agar pengetahuan anda semakin bertambah. Rajin-rajinlah membaca baik itu buku, koran, majalah, jurnal, artikel, berita, dan lain-lain yang bisa menambah pengetahuan anda. Dengan begitu saat anda tampil di depan umum, anda sudah merasa lebih percaya diri karena sudah banyak pengetahuan yang anda baca.

8. Bahasa tubuh yang baik, salah satunya dengan duduk dan berdiri yang tegak.

10 Tips sederhana tingkatkan kepercayaan diri, nggak grogi lagi

Kita bisa mengetahui karakter seseorang dengan bahasa tubuh. bahasa tubuh yang baik bisa memancarkan aura yang positif di sekeliling anda. Salah satunya adalah saat tampil di depan umum, biasakan untuk duduk dan berdiri dengan tegak dan pandangan lurus ke depan. Atur bicara anda dengan menggunakan bahasa yang sopan dan santun dalam berbicara. Ini bisa membuat anda menjadi pusat perhatian. Hindari membungkuk karena bisa memancarkan aura yang negatif untuk sekeliling anda.

9. Persiapkan dirimu dengan matang

10 Tips sederhana tingkatkan kepercayaan diri, nggak grogi lagi

Alangkah baiknya jika sebelum melakukan segala sesuatu, persiapkan dengan matang. Rasa kepercayaan diri akan meningkat jika anda persiapkan segala sesuatu dengan matang. Contohnya saat anda ingin presentasi di depan banyak orang persiapkan diri anda baik itu fisik maupun mental juga materi yang ingin dipresentasikan oleh anda dengan baik. Ini bisa membantu anda untuk mengantisipasi kegagalan dan penurunan kepercayaan diri jika tidak ingin hasilnya kurang memuaskan.

10. Jangan takut melakukan kesalahan

10 Tips sederhana tingkatkan kepercayaan diri, nggak grogi lagi

Terkadang kita sering takut karena melakukan kesalahan sehingga kita jadi ingin semuanya selalu benar. Memang pasti kita ingin semuanya selalu benar dan berjalan dengan lancar namun ingatlah tidak boleh terus menerus menyalahkan diri sendiri, kita bisa belajar dan berkembang karena pengalaman atau kesalahan yang pernah kita perbuat sebelumnya. Kita bisa jadikan kesalahan tersebut sebagai pembelajaran dan pengalaman untuk hidup kita agar kelak tidak melakukan kesalahan yang sama di masa depan. Jadi anda jangan takut karena pernah berbuat salah, berdamailah dengan diri anda, perbaiki kesalahan yang pernah anda perbuat dan meminta maaf kepada orang yang telah anda sakiti atau pernah dirugikan.