Sebagai orang tua, menjadi kebahagiaan ketika melihat si kecil tumbuh sehat dan selalu aktif. Apapun akan dilakukan agar si kecil selalu sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Nah, pada artikel kali ini kami akan berikan sedikit informasi mengenai tips kesehatan anak agar tidak gampang sakit. Apa saja tipsnya? Simak ulasan kami berikut ini ya ibu cerdas.

Sejatinya sistem kekebalan tubuh anak belum sempurna jika dibandingkan orang dewasa. Sehingga ketika anak terkena paparan bakteri atau kuman yang masuk ke dalam tubuhnya, ia akan sangat rentan terserang sakit. Akan tetapi hal tersebut juga dapat dicegah lho! Sebagai ibu cerdas, Anda harus tau bagaimana cara menjaga kesehatan anak agar tidak mudah sakit. Nah, jika bunda belum tahu kami akan berikan rekomendasi mengenai tips-tips menjaga anak agar tidak mudah sakit.

Tips menjaga kesehatan anak agar tidak mudah sakit

Berbicara mengenai kesehatan anak, sebenarnya ada banyak faktor yang dapat menjadi penyebab anak gampang sakit. Dapat dipengaruhi oleh faktor alami seperti cuaca, polusi, pencemaran lingkungan dan minimnya pengetahuan masyarakat untuk menjaga fasilitas umum. Tetapi, penyakit juga bisa timbul akibat sistem imun anak yang lemah. Lalu bagaimana mengatasinya?

1. Jaga kebersihan anak
Setiap orang tau bahwa kotoran dan kuman menjadi sumber penyakit yang paling umum. Bahkan kuman dapat berkembang dan menyebar ke dalam tubuh anak. Maka dari itu diperlukan peran orang tua dalam menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan sekitar serta makanan yang dikonsumsi anak. Kebersihan kuku, gigi, pakaian, rambut dan yang bersinggungan dengan anak perlu untuk diperhatikan oleh orang tua.

2. Penuhi kebutuhan cairan
Cairan adalah kebutuhan tubuh yang sangat penting karena berpengaruh pada segala proses yang terjadi pada tubuh anak seperti proses pencernaan dan sirkulasi darah, serta proses metabolisme tubuh lainnya. Nah, semua itu membutuhkan cairan yang cukup sehingga kesehatan dapat optimal. Jika tubuh anak kekurangan cairan maka akan membuat anak rentan terserang penyakit karena proses dalam tubuh terhambat atau tidak lancar. Jadi, perhatikan kebutuhan cairan si kecil ya bunda..

3. Konsumsi makanan sehat
Ada beragam jenis makanan sehat yang dapat dikonsumsi oleh anak untuk menjaga kesehatannya. Penuhi kebutuhan nutrisi dan gizi anak dengan memberikan makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral yang amat dibutuhkan tubuh. Berikan makanan sesuai dengan porsi anak, namun tetap menjaga pola makan si kecil. Perbanyak sayuran dan buah-buahan untuk mengopimalkan sistem kekebalan tubuh anak.

4. Vaksinasi.
Selain tips tersebut di atas, vaksinasi juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan oleh oran tua. Pastikan anak mendapatkan semua imunisasi dasar supaya bisa terhindar dari beberapa jenis penyakit yang berbahaya, seperti gondong, pertusis, campak, hepatitis, cacar air, dan lain-lain. Bunda jangan lewatkan vaksinasi anak yang dianjurkan oleh dokter.

5. Tidur dan olahraga teratur
Meskipun masih anak-anak, untuk menjaga kesehatan anak bunda bisa terapkan pola tidur yang cukup dan olahraga yang teratur. Bermain di luar juga merupakan olahraga bagi anak bunda. Jangan paksakan untuk melakukan olahraga seperti orang dewasa, namun ajak anak berolahraga sambil bermain. Aktivitas fisik akan membuat sirkulasi darah lebih lancar. Hal ini membuat anak lebih sehat dan memiliki sistem imun yang lebih kuat.

Demikian 5 tips dan cara menjaga kesehatan anak agar tidak mudah sakit. Anak yang sehat dan aktif juga merupakan kebahagiaan orang tua. Terimakasih