Jaipur merupakan salah satu kota wisata sejarah yang terkenal di India. Bersama dengan Delhi dan Agra, Jaipur merupakan tiga kota yang mendapat julukan Golden Triangle karena lokasi ketiganya yang seolah menjadi sudut dari sebuah segitiga. Kalau kamu berencana liburan ke Jaipur, tidak ada salahnya kamu coba ikutin tips dan triknya berikut ini.

1. Liburan bareng teman-teman

Tips & trick liburan ke kota eksotis dan bersejarah Jaipur, India

Jika kamu seorang solo-traveller atau lebih sering berlibur sendirian, maka saat berkunjung ke Jaipur, akan lebih baik jika kamu pergi bareng temen-temenmu. Kenapa? Karena beberapa lokasi wisata di Jaipur, seperti Amber Fort, Nahargarh Fort, serta Panna Meena ka Kund terletak jauh dari pusat kota dan kamu mesti menggunakan kendaraan seperti auto-ricksaw, tuk-tuk,atau taksi yang harganya ga murah. Kalau kamu liburan bareng temen, biaya transportasinya bisa patungan dan jadinya bakal lebih murah.

2. Gunakan aplikasi Ola atau Uber

Tips & trick liburan ke kota eksotis dan bersejarah Jaipur, India

Hampir sama seperti di Indonesia, di India, termasuk di Jaipur pun sudah ada aplikasi kendaraan umum online seperti GoJek, namanya Ola dan Uber. Ola merupakan aplikasi sejenis Uber yang dapat digunakan untuk memesan mobil sejenis taksi, auto, dan juga sepeda motor. Saat bepergian di kota-kota di India, kamusangat disarankan untuk menggunakan Ola dan juga Uber.

Meskipun banyak supir auto atau tuk-tuk yang baik, tetapi kadang ada juga yang memanfaatkan ketidaktahuan turis dengan memasang tarif yang mahal. Sementara kalau kamupakai Ola atau Uber, harga yang harus dibayar dapat dilihat dengan jelas dan biasanya lebih murah dibandingkan dengan harga yang ditawarkan para supir kendaraan umum tersebut.

3.Gunakan fasilitas Composite Ticket

Tips & trick liburan ke kota eksotis dan bersejarah Jaipur, India

Inilah kelebihan kota Jaipur dibandingkan dengan dua kota lainnya di Golden Triangle. Karena banyaknya tempat wisata di Jaipur, Pemerintah Negara Bagian Rajasthan (Instagram: @rajasthan_tourism) menyediakan fasilitascomposite ticket bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu mereka di Rajasthan untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah di sana.

Composite ticketini merupakan satu tiket gabungan yang dapat digunakan untuk mengunjungi delapan situs wisata di Jaipur. Ke-8 tempat wisata itu adalah Amber Fort, Jantar Mantar, Albert Hall Museum, Nahargarh Fort, Hawa Mahal, Sisodia Rani Bag, Vidhiyadhar Bag, serta Sargasul Isarlat. Keuntungan daricomposite ticket ini adalah kamu akan mendapat potongan harga.

Bahkan jika kamu masih mahasiswa, potongan harga untukmu bakal lebih banyak lagi. Kamu hanya perlu membawa Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) saat membeli di loket-loket situs wisata tersebut. Jika petugas tiketnya minta bukti lain, kamu bisa tunjukkan ke mereka nama kamu di situs akademik kampus. Perbandingan harganya bisa kamu lihat pada gambar di atas.

Syarat dari penggunaancomposite ticketini adalah kamu mesti mengunjungi tempat-tempat itu dalam waktu 2 hari berturut-turut. Tidak perlu kamu kunjungi semua. Tapi jika kamu ingin pergi ke semuanya dan 2 hari ternyata tidak cukup, mau tidak mau kamu harus membeli tiket masuk lagi. Jadi pastikankamu sudah merencanakan itinerary-mu dengan baik sebelum pergi.

4.Usahakan jangan datang di musim panas

Tips & trick liburan ke kota eksotis dan bersejarah Jaipur, India

Berdasarkan pengalaman pribadi saat berkunjung ke Jaipur beberapa waktu lalu, kalau kamu ingin ke Jaipur, akan lebih baik jika pergi saat musim dingin. Sebab saat musim panas suhu udaranya bisa mencapai 45 derajat Celcius. Bukannya gak boleh liburan pas musim panas, tapi mungkin kamu akan lebih nyaman berlibur di musim dingin saat udaranya lebih sejuk. Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi Jaipur?