Ponsel bisa saja mengalami ledakan yang mungkin disebabkan oleh cacat produksi atau faktor pengguna yang tidak memedulikan kesehatan ponselnya. Nah, berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pengguna untuk mencegah agar ponsel tak meledak.

1. Gunakanlah baterai original.

Supaya baterai dapat berfungsi dengan baik dan mempunyai umur yang lebih lama, disarankan untuk menggunakan baterai original. Hindarilah menggunakan baterai palsu, berkualitas rendah atau baterai yang murah untuk menghindari adanya kerusakan atau gangguan pada ponsel yang mungkin dapat terasa efeknya di kemudian hari.

2. Jangan meletakkan ponsel di tempat panas.

Sebaiknya menghindari meletakkan ponsel di tempat panas, terutama ketika ponsel sedang mengisi daya. Karena dikhawatirkan akan terjadi overheating pada saat ponsel mengisi daya. Suhu lingkungan juga mempengaruhi kondisi baterai ponsel.

Jika kamu sedang mengisi daya ponsel atau menggunakan fitur lain yang bisa menyebabkan suhu ponsel meningkat, pastikan untuk menggunakannya di tempat yang berventilasi atau tidak berada di tempat yang bersuhu tinggi.

3. Hindari overheating.

Acapkali ponsel digunakan untuk bekerja atau bermain game, sehingga menyebabkan suhu ponsel meningkat. Jadi perhatikan ketika ponsel dalam kondisi panas, kamu harus mengurangi pekerjaan berat yang menyebabkan ponsel menjadi panas.

Jika ponsel panas disebabkan karena kamu terlalu lama bermain game, sebaiknya kamu berhenti bermain game sejenak dan membiarkan ponsel beristirahat sampai suhunya kembali normal.

4. Hindari tekanan dan benturan pada ponsel.

Ponsel yang terkena tekanan berlebihan atau benturan keras dapat mengalami kerusakan, sehingga kemungkinan bisa terjadi korsleting listrik pada ponsel. Ponsel yang terkena tekanan tinggi, misalnya diduduki dapat menyebabkan kebocoran baterai yang bisa berakibat terjadinya ledakan.