Sepanjang perhelatan Piala Dunia dari sejak tahun 1930 sampai dengan tahun 2018, terdapat beberapa pemain yang tampil dalam beberapa edisi. Namun dari semuanya, tercatat hanya tiga nama yang pernah tampil dalam 5 edisi Piala Dunia dikutip dari berbagai sumber, Rabu (20/6). Siapa saja?

1. Antonio Carbajal (Meksiko)

Tiga Pesepakbola ini tampil dan bermain di 5 Piala Dunia berbeda

Carbajal merupakan penjaga gawang menjadi skuad tim Meksiko pada tahun 1950, 1954, 1958, 1962, dan 1966. Carbajal memulai debut internasionalnya pada Piala Dunia 1950 melawan tuan rumah Brasil di Stadion Maracana, Rio de Janeiro. Ia merupakan penjaga gawang termuda yang bermain di Piala Dunia tersebut. Sejak saat itu, Carbajal terus dipercaya oleh Meksiko untuk bertanding sampai Piala Dunia 1966.

Seperti dilansir darififa.com, di masa kecilnya, Carbajal tidak diizinkan oleh ayahnya untuk bermain sepakbola. Sebab kakak laki-lakinya meninggal karena tertabrak mobil saat bermain bola di lapangan. Namun karena kecintaannya terhadap sepak bola, Carbajal tetap bermain tanpa sepengetahuan ayahnya.

Carbajal memilih menjadi penjaga gawang agar lebih mudah melihat ayahnya pulang kerja dan bisa segera kabur agar tidak ketahuan. Dari jalanan di distrik San Rafael, Mexico City itulah, perjalanan karier Carbajal menjadi penjaga gawang kelas dunia dimulai.

2.Lothar Matthus (Jerman)

Tiga Pesepakbola ini tampil dan bermain di 5 Piala Dunia berbeda

Lothar Matthus merupakan seorang pemain tengah timnas Jerman yang dulu dianggap sebagai salah satu pemain terhebat pada masanya karena telah berhasil meraih hampir semua penghargaan yang ada di sepanjang kariernya.

Matthus menjadi pemain yang paling banyak tampil pada pertandingan di Piala Dunia. Dari keikutsertaannya pada Piala Dunia tahun 1982, 1986, 1990, 1994, dan 1998, Matthus telah tampil sebanyak 25 kali.

Bersama rekan-rekan setimnya, Matthus berhasil mengantarkan Jerman menjadi juara pada Piala Dunia 1990 di Italia.

3.Rafael Mrquez (Meksiko)

Tiga Pesepakbola ini tampil dan bermain di 5 Piala Dunia berbeda

Rafael Mrquez merupakan pemain timnas Meksiko yang mendapat julukanElKiser. Mrquez dianggap sebagai pemain bertahan paling hebat sepanjang sejarah Meksiko dan dianggap sebagai salah satu pesepakbola Meksiko terhebat sepanjang masa.

Mrquez pertama kali tampil bersama Meksiko pada tahun 2002. Setelahnya, Mrquez selalu masuk skuad Meksiko di tahun 2006, 2010, 2014, dan 2018. Pada pertandingan Meksiko kontra Jerman di hari Minggu (17/6/2018), Mrquez diturunkan pada menit ke-74 dan menjadikannya pemain ketiga yang tampil dan bermain di Piala Dunia.

Selain prestasi tersebut, Mrquez juga menjadi pesepakbola pertama yang menjadi kapten bagi tim nasional negaranya dalam lima edisi Piala Dunia berturut-turut.