Apakah kamu pernah bangun di malam hari dan tak bisa tidur lagi? Penyebabnya yang paling umum biasanya karena kebutuhan mendesak seperti buang air kecil, yang bisa menjadi akibat diabetes pada orang setengah baya dan lanjut usia atau penyakit prostat pada laki-laki.

Sleep apnea, yang melibatkan gangguan pernapasan berulang juga bisa menjadi alasan utama orang-orang tersentak bangun di malam hari, kata Dr Prashant Chhajed, kepala departemen pernapasan, Rumah Sakit Fortis Hiranandani.

Untuk menghindari momen-momen terbangun dari tidur seperti itu, Dr Chhajed menyarankan agar diabetes di bawah kontrol dan apnea tidur diobati. Berikut langkah pencegahan jika kamu tak bisa tidur lagi setelah terbangun tengah malam.

1. Matikan lampu.

Dr Rajesh Chawla, konsultan senior Rumah Sakit Indraprastha Apollo mengatakan jika cahaya yang terang dan nyaring mengurangi tingkat melatonin yang mengendalikan siklus tidur di dalam tubuh. Menjaga lampu redup dapat membuat kamu mengantuk.

2. Waktu malam bukan waktu untuk makan.

Kegiatan seperti membaca, makan camilan atau memasak jika kamu terbangun di tengah malam tidak disarankan. Makan hingga larut malam meningkatkan gula darah dan ketika kamu sedang tidur, tubuh akan cepat menjadi ringan yang dapat menyebabkan kecelakaan di tingkat gula. Ketika ini terjadi, kadar kortisol meningkat dan tingkat melatonin berkurang.

3. Jauhkan diri dari ponsel.

Kebanyakan orang cenderung masuk ke media sosial atau menghibur diri dengan menonton TV jika tak bisa tidur. Dr Chhajed dengan tegas menyarankan untuk tidak melakukannya. Telepon seluler memancarkan cahaya biru yang dikenal dapat mengurangi tingkat melatonin dalam tubuh yang pada gilirannya akan membuatmu lebih sulit untuk tertidur.

4. Meditasi

Dr Chhajed mengatakan bahwa pengobatan dan latihan relaksasi dapat menenangkanmu untuk kembali tidur. Menurut sebuah studi oleh Harvard, meditasi dapat membantumu tidur lebih baik karena melibatkan fokus pada pernapasan dan membawa perhatian pikiranmu ke masa kini tanpa hanyut pada keprihatinan tentang masa lalu atau masa depan.