Banyak sekali tersebar air terjun yang memiliki pemandangan yang sangat indah dan selalu berhasil memikat pengunjungnya. Namun siapa sangka, ada beberapa air terjun yang memegang rekor tertentu karena keunikannya, salah satunya adalah Angel Falls. Dilansir dari primaryfacts.com (5/8), air terjun Angel Falls ini terletak di Rio Caroni, Taman Nasional Canaima di negara Venezuela yang merupakan taman nasional terbesar di negara itu.

Tertinggi di dunia, air terjun ini berketinggian melebihi Burj Khalifa

sumber : pixabay.com

Dengan tingginya yang mencapai 3.212 kaki atau sekitar 979 meter, Angle Falls dinobatkan sebagai air terjun tertinggi di dunia. Bahkan ketinggiannya mengalahkan gedung tertinggi di dunia yaitu Burj Dubai yang berketinggian 828 meter (2.717 kaki). Rekor resmi Angel Falls dicatatkan oleh National Geographic Society pada 1949. Air terjun ini memiliki lebar sekitar 150 meter di dasar, yang mengalir ke sungai yang dikenal sebagai sungai Kerep. Bahkan dalam kondisi tertentu, anda bisa merasakan percikan air kecil jatuh dari air terjun ketika Anda berada satu kilometer jauhnya dari Angel Falls.

Tertinggi di dunia, air terjun ini berketinggian melebihi Burj Khalifa

sumber : complexmania.com

Angel Falls tidak sengaja ditemukan oleh penjelajah Ernesto de Santa Cruz di awal abad ke-20. Namun pada saat itu, air terjun ini masih tidak dikenal dunia hingga akhirnya ditemukan kembali oleh penerbang Amerika Serikat, James Crafword Angel pada tahun 1936, tujuan James Angel sebenarnya adalah mencari lokasi tambang emas, namun ia tidak sengaja dihadapkan dengan pemandangan luar biasa ini. Untuk mengenangnya sebagai sang penemu, maka air terjun ini dinamakan Angel Falls.

Tertinggi di dunia, air terjun ini berketinggian melebihi Burj Khalifa

sumber : worldeasyguide.com

Angel Falls kini menjadi atraksi wisata terpopuler di Venezuela, perjalanan untuk mencapai air terjun ini dapat dibilang cukup sulit, karena harus menggunakan pesawat dari Puerto Ordaz menuju Canaima Camp. Lalu menyusuri sungai yang mengaliri air terjun, yaitu Sungai Churun, Gauja, dan Carrao. Perjalanan menyusuri sungai dengan kano harus dilewati setidaknya selama tiga hari.