Wajar bangetkok kalau kita sakit perut dan bad moodsaat PMS. Sebab pada dasarnya,Premenstrual Syndrome(PMS) merupakan kombinasi dari perubahan emosi, fisik, psikologi, dan suasana hati yang terjadi setelah siklus menstruasi berakhir. Biasanya, PMS berlangsung selama kurang lebih tujuh hari sebelum menstruasi dan bisa berlanjut hingga menstruasi selesai.

Ternyata menstruasi dan PMS itu beda lho! Cewek wajib tahu

Biasanya, tanda-tanda kalau kamu sedang PMS adalah lekas marah, depresi, menangis, terlalu sensitif, sedih, serta marah yang kurang tanpa sebab. Mengapa begitu? Meskipun penyebab PMS nggak diketahui dengan pasti, namun beberapa ahli menyimpulkan bahwa perubahan hormon adalah salah satu faktor penyebabnya.

Ternyata menstruasi dan PMS itu beda lho! Cewek wajib tahu

Faktor lainnya adalah kurangnya konsumsi vitamin dan mineral, terlalu banyak makan makanan asin yang mengendapkan cairan, serta minum minuman yang mengandung alkohol dan kafein yang dapat mempengaruhimood.

Lalu, apa yang mempengaruhi perubahan kadar hormon tersebut? Untuk tahu jawabannya, kita harus mengetahui terlebih dulu tentang siklus menstruasi. Siklus menstruasi berlangsung rata-rata selama 28 hari. Pada usia dewasa berlangsung dalam 21-35 hari, sedangkan pada remaja dalam 21-45 hari.

Peluruhan darah di dinding rahim tersebut yang menyebabkan kamu merasakan sakit perut. Tentu saja nyeri perut ini normal dialami. Bahkan pada beberapa perempuan, nyeri ini bisa sangat sakit. Ini dapat menjadi salah satu faktor tambahan mengapa perempuan memiliki suasana hati yang kurang baik saat menstruasi.

Bagaimana agarmoodtetap baik saat menstruasi datang? Selain konsumsi makanan yang disarankan, kamu bisa latihan secara reguler mengurangi asupan kafein yang terkandung dalam bermacam minuman, mengurangi rokok, dan mengurangi konsumsi garam sebelum periode menstruasi. Dukungan dari keluarga dan teman juga sangat disarankan agar perempuan yang sedang PMS merasa nyaman dan tidak tersinggung berlebihan.