Ladies! Pasti di antara kamu pernah mengalami siklus haid yang dapat maju atau mundur, tidak selalu tepat waktu. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Bagaimana dengan siklus haid kamu selama ini?

Penyebab tidak haid ada banyak sekali, belum tentu terjadi kehamilan. Yang pertama menjelaskan tentang gangguan siklus haid. Adapun gangguan siklus menstruasi umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan.

Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama

1. Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

2. Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30

3. Malnutrisi (kurang gizi)

4. Stres psikologis

5. Atlet

6. Kekurangan vitamin K

7. Penggunaan obat-obatan tertentu

8. Kelainan pembekuan darah

9. Gangguan hormon tiroid

Dan lain sebagainya

Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan.

Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), test pack dapat kamu ulang minggu depan atau 2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang. Bila memang negatif, berarti kemungkinan besar tidak ada kehamilan. Kami sarankan kamu melakukan konsultasi kembali dengan dokter kebidanan dan kandungan.