Film Dilan 1991 sekuel dari film Dilan 1990, merupakan film yang diadaptasi dari novel bestseller karangan Pidi Baiq "Dia Adalah Dilanku Tahun 1991" dan lanjutan dari novel "Dia Adalah Dilanku Tahun 1990".

Film Dilan 1991 menceritakan kisah cinta antara Dilan yang diperankan Iqbaal Ramadhan dan Milea Adnan Hussain yang diperankan Vanesha Prescilla. Film Dilan 1991 mengambil sudut pandang Milea yang telah resmi berpacaran dengan Dilan.

Film Dilan 1991 menghadirkan kisah yang menarik kala hubungan antara Dilan dan Milea hampir mencapai satu tahun. Sekuel dari film Dilan 1990 ini menghadirkan beberapa konflik yang menguncang hati para penikmat film, sebab konflik yang dihadirkan lebih kepada hubungan antara Dilan dan Milea yang semakin mengarah pada perpisahan.

Setelah sukses dengan film sebelumnya Dilan 1990 dengan angka penonton mencapai 6,3 juta lebih, berikut beberapa fakta unik nan menarikdari film Dilan 1991 yang resmi tayang di bioskop pada 28 Februari 2019.

1. Memecahkan rekor jumlah penonton.

Telah tayang perdana, ini 5 fakta menarik mengenai film Dilan 1991

Di hari perdana penayangan,film Dilan 1991telah mendapat 800 ribu penonton. Angka ini merupakan akumulasi dari jumlah penonton sebanyak 80 ribu orang yang menyaksikanpremier FilmDilan1991atau Dilan Day di Bandung dengan jumlah penonton di hari pertama tayang 720 ribu.

Pencapaian ini membuatDilan 1991 menjadi film yang meraih rekorbox office sepanjang masa. Melalui akun Instagram MaxPictures (rumah produksi film Dilan 1991) menyebut jika jumlahpenonton di hari pertama filmDilan1991tersebut telah memecahakanrekorsepanjang masa sebagai film Indonesia dengan jumlah penonton paling tinggi di hari pertama.

2. Kalahkan Avenger: Infinity War.

Telah tayang perdana, ini 5 fakta menarik mengenai film Dilan 1991

Selain menjadi film Indonesia dengan jumlah penonton tertinggi saat perdana tayang. Film Dilan 1991 juga mengalahkan Avenger: Infinity Warpada penayangan perdana. Dilansir dari media Hollywood, Deadline,film Dilan 1991 diestimasi menghasilkan US$2,05 juta pada Kamis, memecahkan rekor sepanjang masa yang sebelumnya dipegang Avengers: Infinity War dengan US$1,79 tahun lalu.

3. Menampilkan beberapa tokoh baru.

Telah tayang perdana, ini 5 fakta menarik mengenai film Dilan 1991

Sebagaimana diceritakan pada novel "Dia Adalah Dilanku Tahun 1991", film Dilan 1991 juga menghadirkan beberapa tokoh baru yang sebelumnya tidak muncul dalam film Dilan 1990. Tokoh-tokoh tersebut di antaranya:

1. Letnan Ical atau Ayah Dilan diperankan oleh Bucek Deep.

2. Herdi atau pria yang kelak menjadi suami Milea diperankan oleh Andovi Da Lopez.

3. Bang Fariz atau paman Milea diperankan oleh Roy Sungkono.

4. Tante Anis atau ibu dari Yugo kerabat Milea diperankan oleh Maudy Koesnaedi.

5. Yugo Danois De Kemmeter atau Yugo, teman masa kecil Milea diperankan oleh Jerome Kurnia.

4. Mendapat demo penolakan.

Telah tayang perdana, ini 5 fakta menarik mengenai film Dilan 1991

Film yang laris ternyata tidak juga akan selalu mulus kesuksesannya. Hal ini dikarenakan aksi protes film Dilan 1991 di Makassar, Sulawesi Selatan. Aksi demo tersebut dilakukan oleh sekelompok mahasiswa yang menamakan diri Aliansi Mahasiswa Peduli Pendidikan Nasional (AMPPN).

Aksi unjuk rasa dilakukan di Cinema XXI Mall Panakukang, Makassar. Saat mencoba masuk ke bioskop Cinema XXI yang berada di lantai empat, demonstran terlibat saling dorong-mendorong dengan petugas keamanan mall.

Dilasir dari idntimes, koordinator aksi AMPPN Mikail menyebutkan adegan film Dilan melanggar Undang-undang No 33 Tahun 2009 tentang Perfilman, yang menampilkan pelanggaran hukum seperti saat Dilan berboncengan dengan Milea yang tidak menggunakan helm serta aksi geng motor Dilan dan kelompoknya.

Selain itu para pendemo menilai ada beberapa adegan mesra yang tidak seharusnya dipertontonkan, apalagi pemainnya mengenakan seragam sekolah menengah atas (SMA). Ada kekhawatiran bahwa adegan tersebut akan ditiru oleh para siswa di sana.

5. Sekuel ketiga.

Telah tayang perdana, ini 5 fakta menarik mengenai film Dilan 1991

Film yang menceritakan kisah asmara antara Dilan dan Milea tidak hanya berakhir di sekuel keduanya Dilan 1991, namun kisah cinta keduanya akan kembali diceritakan pada film ketiganya yang berjudul Milea. Seperti pada cuplikan singkat di akhir film Dilan 1991, kita melihat Dilan tokoh utama cerita, yang mengangkat telepon dari seseorang.