×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Tata cara sholat istikharah lengkap dengan bacaan niat dan doanya

0

N/A

Tata cara sholat istikharah lengkap dengan bacaan niat dan doanya

foto: pixabay.com

Sholat istikharah biasanya dilakukan jika seseorang sedang ragu menentukan pilihan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

amoure_amez

04 / 10 / 2019 10:38

Dalam hidup, selalu ada banyak pilihan yang harus kita ambil. Banyak persoalan yang menuntut kita untuk memilih mana yang terbaik. Tak jarang, kita justru dibuat takut jika pilihan yang kita ambil adalah pilihan yang tidak tepat. Di saat seperti itu, ada baiknya kita kembali mengingat Tuhan dan berserah diri pada-Nya.

Bagi seorang muslim, ada amalan yang dapat dilakukan ketika kebimbangan itu datang yakni dengan sholat istikharah. Jika sungguh-sungguh menunaikan sholat sunah ini, kamu akan mendapatkan ketenangan hati juga lho. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhori dan Ahmad, Rasulullah bersabda "Jika salah seorang di antara kalian hendak melakukan sesuatu, hendaklah terlebih dahulu mengerjakan salat dua rakaat selain salat fardlu"

Sholat istikharah biasanya dilakukan jika seseorang sedang ragu menentukan pilihan. Misalnya seperti ketika ragu menentukan dimana ia ingin bersekolah, ragu ketika menentukan pekerjaan, atau memantapkan hati pada calon pasangan.

Dikutip dari berbagai sumber pada Kamis(3/10). Berikut tata cara sholat istikharah lengkap dengna bacaan niat dan doanya.

1. Niat sholat istikharah
Niat adalah apa yang diyakini hati, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dengan perbuatan. Ketika sudah berniat sholat istikharah, jangan lupa yakini dalam hati bahwa kamu menyerahkan segala urusan kepada Allah. Kemudian ucapkan secara lisan "Usshollo sunnatan istikhorohi rak'ataini lillahi ta'ala" yang artinya "Saya berniat sholat sunah istikharah dua rakaat karena Allah Ta'ala".

Loading...

2. Tata cara sholat istikharah
Pelaksanaan sholat istikharah sebenarnya sama dengan sholat sunah pada umumnya. Akan tetapi menurut Syaikh Wahbah, ada surah pendek yang dianjurkan dibaca ketika melaksanakan sholat istikharah.

Pada rakaat pertama membaca Al Kafirun dan dilanjutkan di rakaat kedua membaca surah Al Ikhlas.
Lakukan sholat istikharah dengan khusyu' dan tuma'ninah.

Sholat istikharah juga bisa dilakukan lebih dari satu kali, kamu bisa melakukannya tiga kali, empat kali, atau beberapa kali lagi sampai keraguan dihatimu sirna.

Lalu kapan waktu yang tepat melaksanakan sholat istikharah? Tidak ada waktu khusus kapan kamu harus sholat istikharah. Selama kamu masih kebingungan, kamu bisa melakukannya. Baik ketika waktu sholat sunah rawatib, tahiyatul masjid, dan lainnya. Akan tetapi ada pendapat yang mengatakan bahwa waktu terbaik melaksanakan sholat istikharah adalah ketika sepertiga malam pertama (masuk waktu sholat isya hingga sekitar pukul 22.00), kemudian disepertiga malam kedua (antara pukul 22.00 sampai 01.00) dan sepertiga malam terakhir (antara pukul 01.00 sampai masuk waktu sholat shubuh). Jadi, setelah sholat istikharah sebanyak dua rakaat, kamu bisa melanjutkannya dengan doa.

3. Doa sholat istikharah
Doa yang dianjurkan Rasullah ketika sholat istikharah adalah sebagai berikut:
"Allahumma inni astakhiruka bi 'ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta'lamu wa laa a'lamu, wa anta 'allaamul ghuyub."

"Allahumma fa-in kunta ta'lamu hadzal amro (menyebutkan persoalannya) khoiron lii fii 'aajili amrii wa aajilih (aw fii diinii wa ma'aasyi wa 'aqibati amrii) faqdur lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi"

Allahumma in kunta ta'lamu annahu syarrun lii fii diini wa ma'aasyi wa 'aqibati amrii (fii 'aajili amri wa aajilih) fash-rifnii 'anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bih."

Yang artinya:
"Ya Allah, sesungguhnya, aku memohon kebaikan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kemampuan kepada-Mu dengan kekuasaan-Mu dan aku memohon kepada-Mu dari anugerah-Mu yang Agung. Sesungguhnya, Engkau Maha Kuasa sedang aku tidak kuasa, Engkau Maha Tahu sedang aku tidak mengetahui, Engkaulah Dzat yang Maha Mengetahui perkara yang gaib."

"Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (sebutkan keraguan dan persoalanmu) adalah baik bagiku dalam agamaku, kehidupanku, dan akhir urusanku, maka tentukanlah untukku, mudahkanlah jalannya dan berkahilah aku di dalamnya."

"Dan apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini adalah buruk bagiku dalam agamaku, kehidupanku dan akhir urusanku, maka jauhkanlah ia dariku dan jauhkanlah diriku darinya, tentukanlah untukku apapun yang terbaik, kemudian jadikanlah aku ridha dengannya."

Selanjutnya kamu bisa berdoa apa saja. Curahkan semua keraguan dalam hatimu. Mintalah petunjuk-Nya dan mintalah kemantapan hati untuk memilih. Rasulullah juga mengajurkan untuk berdoa dengan menyertakan kalimat meminta keridlaan Allah. Jadi, meski hasilnya tidak sesuai dengan pilihan yang kita inginkan, percayalah bahwa itu adalah pilihan terbaik yang telah ditentukan oleh Allah.

Nah itu dia tata cara sholat istikharah lengkap dengan bacaan niat dan doanya. Perlu digaris bawahi bahwa jawaban dari Allah tidak selalu melalui mimpi lho. Hasil nyata dari sholat istikharah ini sebenarnya adalah ketenangan hati dan kemantapan untuk menentukan pilihan. Hati akan menuntun kamu langsung, mana pilihan yang terbaik.

 

Oleh: Deta Jauda






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red