Setiap manusia memiliki visi dan misi hidup menjadi lebih bahagia yang berbeda-beda. Bahagia yang sebenarnya adalah saat kita bisa mensyukuri semua nikmat yang telah Allah berikan kepada kita. Insyaallah, kita akan selalu bahagia di dunia dan di akhirat nanti.

Bahagia itu mudah dan dekat dengan kita. Untuk hidup menjadi lebih bahagia tidak perlu dipikirkan terlalu rumit, cukup kita syukuri semua rezeki, berkah, rahmat, dan karunia yang telah Allah berikan kepada kita. Maka bahagia itu akan datang dengan sendirinya.

1. Allah telah memberikan kita semua nikmat yang tiada batas, salah satunya berupa umur panjang dan kesehatan yang tidak terhitung harganya.

Tanpa disadari, mensyukuri 5 hal ini bisa membuat hidup lebih bahagia
http://belajarislam.com/artikel-baru/syukurnya-nabi-dawud-dan-nabi-sulaiman/

Rezeki tidak hanya berbentuk uang saja. Kesehatan dan umur panjang adalah salah satu rezeki yang telah Allah berikan kepada kita. Kesehatan dan umur panjang itu salah satu karunia, rahmat, dan berkah yang telah Allah berikan kepada kita yang sangat tidak bisa kita hitung harganya. Allah sungguh sayang dengan kita, Allah telah memberikan kita umur panjang dan nikmat sehat agar kita selalu bisa mengingat-Nya dan melakukan aktivitas sehari-hari dengan penuh semangat.

Harus kita syukuri umur panjang dan nikmat sehat ini. Kita tidak boleh kita menyia-nyiakan kehidupan. Allah telah memberikan kepada kita semua umur panjang dan nikmat sehat secara gratis. Kita hanya perlu menjaga dan mensyukuri semua rezeki, karunia, dan berkah dari Allah. Jagalah kesehatan dan hati kita. Hindarkanlah penyakit hati. Hidup kita sehat, Insyaallah hati kita akan selalu bahagia.

2. Kedua orang tua yang selalu berusaha menyayangi dan membahagiakan anak-anaknya.

Tanpa disadari, mensyukuri 5 hal ini bisa membuat hidup lebih bahagia

http://rumah-belajar-id.blogspot.com/2012/11/mengapa-anak-wajib-berbakti-kepada.html

Harta yang paling berharga adalah keluarga. Itulah salah satu lirik dari lagu "Keluarga Cemara". Keluarga adalah tempat kembali kita setelah sehari penuh kita melakukan aktivitas. Kehadiran kedua orang tua merupakansalah satu sumber kebahagiaan untuk anak-anaknya. Betapa tidak, kedua orang tua selalu menyayangi anak-anaknya sebelum anakdilahirkan ke dunia. Semua kasih sayangnya tercurahkan hanya untuk buah hatinya agar selamat lahir ke dunia dan selalu berharap agar anak-anaknya bahagia di dunia dan di akhirat.

Sungguh, tidak ada kasih sayang dari mana pun dan dengan siapa pun yang melebihikasih sayang kedua orang tua kepada anak-anaknya. Bapak, yang selalu menafkahi, melindungi dan membimbing keluarganyatanpa kenal lelah. Beliau bekerja keras membanting tulang untuk istri dan anak-anaknya agar tidak ada kurang satu apapun jua.Ibu, yang mengandung selama 9 bulan lamanya, menunggu kehadiranbuah hatinya dan rela berkorban demi buah hatinya lahir ke dunia dengan selamat. Begitu anak-anaknya lahir ke dunia, beliau pun juga menyusui dan merawat anak-anaknya dengan penuh kasih sayang yang tiada habisnyadan sepanjang masa tanpa mengharap imbalan dari anak-anaknya yang terpenting anak-anaknya bahagia.

Kedua orang tua hanya ingin anaknya selalu ingat kepada mereka, sayang dan merawatnya di kala usianya sudah tak lagi muda, perhatian, dan mendoakan kebaikannya. Janganlah berkata kasar apalagi sampai membentak. Ingatlah perjuangan mereka yang tidak mudahhinggakita tumbuh dewasa.Jangan sampai kita menyesal dikemudian hari.

3. Mempunyai kesempatan untuk berbuat baik kepada kedua orang tua.

Tanpa disadari, mensyukuri 5 hal ini bisa membuat hidup lebih bahagia

Berbuat baik itu bisa dimulai dari orang yang terdekat terlebih dahulu dengan hati yang tulus dan ikhlas. Salah satunya berbuat baik dengan kedua orang tua. Salah satu contoh berbuat baik keapda kedua orang tua adalah membantu pekerjaan rumah kedua orang tua. Bantulah pekerjaan rumah kedua orang tua, kapan pun saat kita bisa melakukannya. Karena dengan begitu, kita bisa meringankan pekerjaan rumah kedua orang tua.

Pekerjaan rumah yang tak ada habis-habisnya membuat beliau lelah, dengan membantu pekerjaan rumah beliau, setidaknya rasa lelah beliau pun bisa sedikit berkurang. Kalau bukan kita sebagai anak, siapa lagi yang bisa membantu pekerjaan rumah kedua orang tua. Belajarlah dari sekarang untuk bisa melakukan pekerjaan rumah.

Saat kita berusaha berbuat kebaikan, Insyaallah balasannya pun kebaikan juga asalkan hanya berharap rida Allah Subhanahu wa Ta'ala. Insyaallah hati pun bahagia saat melihat kedua orang tua pun bahagia. Lakukan kebaikan karena kita tidak tahu kebaikan mana yanga akan menghantarkan kita hingga ke surga-Nya nanti.

4. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat.

Tanpa disadari, mensyukuri 5 hal ini bisa membuat hidup lebih bahagia
https://www.ekrut.com/media/ini-pengaruh-perkembangan-teknologi-terhadap-kehidupanmu-di-tahun-2019

Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini sudah sangat canggih dan serba cepat. Haruslah kita mensyukuri nikmat yang satu ini. Dengan kemudahan teknologi informasi dan komunikasi ini, bisa memudahkan kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Salah satu contohnya adalah mengirim pesan menggunakan media internet.

Sebelum berkembangnya intenet, kita masih menggunakan sms sebagai media untuk mengirim pesan. Sekarang sudah sangat jarang penggunaan sms untuk mengirim pesan dikarenakan berbagai macam aplikasi mengirim pesan di telepon genggam. Terlebih, sudah bisa untuk menelepon dan video call. Belanja pun tak pakai ribet, bisa menggunakan internet untuk berbelanja dengan mudah dan cepat tanpa harus ke pasar ataupun mall.

Sudah banyak aplikasi e-commerce yang menawarkan berbagai macam jasa dan produk berbelanja dengan sistem online serta masih banyak lagi kegiatan-kegiatan dalam kehidupan sehari-hari yang menggunakan sistem online. Ini adalah salah satu bentuk kemudahan dan kebahagiaan yang sangat patut untuk kita syukuri.

5. Memiliki kesempatan berbuat baik kepada siapa saja, kapan saja, dan di mana saja.

Tanpa disadari, mensyukuri 5 hal ini bisa membuat hidup lebih bahagia
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150806133139-255-70450/membantu-orang-lain-dapat-membuat-anda-lebih-sehat

Selagi Allah memberikan kita kesempatan untuk hidup, berbuat baiklah sebelum terlambat. Jika kita terus menerus memikirkan kehidupan dunia pasti tidak ada hentinya, tetapi jika kita memikirkan kehidupan akhirat yang abadi pasti kita akan merasa rugi jika tidak berbuat kebaikan.

Gunakan waktu kita untuk berusaha berbuat baik dan menolong orang yang kesulitan. Di balik kesulitan orang lain yang kita tolong, maka di saat kita sedang dalam masa sulit, Allah yang akan menolong kita. Allah yang akan membalas kebaikan kita yang tentunya dengan kebaikan yang berlipat ganda. Tidak ada kebaikan yang dibalas dengan keburukan di hadapanAllah, tetapi yang pasti Allah akan membalasdengan kebaikan juga sesuai dengan apa yang kita kerjakan. Jika kita terbiasa berbuat baik, berpikir baik, dan niatnya hanya karena Allah. Pasti hidup kita akan bermakna.

5 Hal di atas adalah sebagai contoh nyata yang mungkin tanpa kita sadari bisa membuat kita bahagia. Walaupun hanya sederhana, namun tetap harus disyukuri apapun bentuk nikmat yang telah Allah berikan kepada kita semua. Semoga kita semua selalu bahagia di dunia dan di akhirat nanti.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca. Bahagia itu mudah dan dekat dengan kita. Yuk bersyukur dari sekarang.