Vocabulary atau kosakata memang salah satu kunci menguasai bahasa Inggris. Seringnya kita dituntut menghafalkannya untuk mempermudah belajar. Ada juga yang berpendapat menguasai vocabulary lebih penting daripada belajar grammar terus. Meski begitu dua-duanya tetap penting jika ingin disebut menguasai.

Namun banyak sekali orang yang malas ataupun kesulitan menghafal vocabulary beserta artinya. Untuk kamu yang mempunyai kendala tadi, tips berikut mungkin bisa dicoba daripada monoton menghafal terus atau menghafal lalu lupa lagi.

1. Baca dan artikan kata baru tersebut.

Tak melulu menghafal, ini 6 cara agar vocabulary bertambah tiap hari

Menerjemahkan langsung dalam bentuk kalimat memang tidak disarankan karena kita hanya akan mengetahui satu arti kata tersebut. Tidak usah langsung yang berat, kamu bisa membaca cerita anak-anak ataupun artikel pendek jika ingin sesuatu yang berbau ilmiah. Jangan gengsi atau malas mengartikan kata baru yang kamu temui. Kamu tak harus menulis artinya. Langsung lanjut saja ke kalimatberikutnya agar proses membacamu cepat selesai dan kamu bisa menangkap paragraf yang kamu baca.

2. Buatlah kalimat dari vocabulary baru tersebut.

Jika masih punya banyak waktu, coba lakukan kegiatan ini. Tak perlu semua kata baru yang kamu temukan dibuat kalimat. Kamu bisa ambil tiga atau empat, lalu buatlah kalimat yang sesuai dengan konteks kosakata tersebut.

3. Baca lebih banyak. Jika menemukan vocabulary tersebut coba tebak artinya. Baca seluruh kalimatnya. Jika benar-benar lupa baru buka kamus lagi.

Ini merupakan level lanjutan dari tips pertama. Jika kamu menemukan kosakata yang sama pada bacaan yang berbeda, coba tebak dulu artinya. Kalau masih tidak bisa baca keseluruhan kalimatnya dan benar-benar lupa, baru buka kamus. Namun perlu diingat bahwa kamu perlu menggunakan bacaan yang berbeda.

4. Menonton video dengan subtitle berbahasa Inggris.

Mengapa subtitile tidak bahasa Indonesia saja? Agar kamu lebih mudah menangkap maksud video tersebut. Jika subtitleIndonesia maka kamu tidak akan tahu tulisan kosakata tersebut. Berbeda dengan subtitle bahasa Inggris, kamu akan mencoba menebak arti kata tersebut ataupun mencari jawaban dengan menonton adegan selanjutnya.

5. Bermain games yang ada hubungannya dengan vocabulary.

Tak melulu menghafal, ini 6 cara agar vocabulary bertambah tiap hari

Foto: eslwriting.org

Game yang pasti bisa ditebak yaitu TTS. Namun cobalah bermain TTS berbahasa Inggris. Selain belajar artinya, kamu pun secara tidak sadar belajar definisi kata tersebut.

4. Sambil mendengarkan lagu, menerjemah beberapa kata pada lirik lagunya akan terasa asyik.

Tak melulu menghafal, ini 6 cara agar vocabulary bertambah tiap hari

Mendengarkan musik memang asyik dan tak jarang jadi hobi banyak orang. Jika kebetulan kamu suka lagu berbahasa Inggris, coba sambil simak liriknya karena jika hanya sebatas mendengar tentu tebakan penulisan huruf tersebut belum tentu benar. Sembari mendengarkan dan menyimak cobalah artikan beberapa kosakata baru yang kamu temukan.

6. Telaten dan berulang.

Namanya usaha pasti perlu yang namanya telaten dan berulang agar hasilnya bisa memuaskan. Jika masih sering lupa dengan kosakata baru yang kamu temui bukan berarti gagal. Jangan bosan dan lelah membaca karena memang semua berawal dari membaca. Saat berulang kali kamu menjumpai kosakata yang sama, secara tidak sadar kamu akan mengingat arti dan definisi kosakata tersebut.