Di jaman modern ini hampir semua orang di dunia menggunakan yang namanya smartphone atau dalam bahasa indonesia artinya ponsel pintar. Dengan berbagai model dan type yang terus berganti tiap tahunnya, smartphone menjadi alat komunikasi yang paling populer di seluruh dunia.

Tak heran hampir setiap orang yang kita temui jarang yang tidak memiliki smartphone. Apalagi dengan munculnya model terbaru tiap tahunnya, harga smartphone pun bersaing di pasaran. Tak perlu mengeluarkan uang banyak, kamu sudah bisa miliki alat komunikasi paling tren ini.

Namun, tak banyak juga orang tau cara memakai smartphone agar awet dan tidak cepat rusak. Dari Kebanyakan pengguna smartphone atau gedget ini hanya tau menggunakan sebatas umum saja.
Yang jarang di sadari oleh banyak orang, bahwasanya smartphone ini bukanlah sekedar HP biasa, yang hanya butuh perawatan fisik semata.

Sistem operasi yang ada di dalam smartphone yang akrab di sebut android ini hampir sama layaknya komputer/laptop.
So, layaknya komputer, smartphone juga butuh perawatan software dan hardware.

Untuk itu, berdasarkan pengalaman pribadi, saya ingin berbagi tips agar smartphone kamu awet dan tahan lama. Biar gak beli hp mulu! Sayang duitnya bentar-bentar ganti HP!

Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan dan biasakan ketika kamu beli smartphone baru, untuk menjaga keawetan handphone kamu!

1. Hapus Chache Yang Sudah Menumpuk

Tak disadari, ternyata 5 kebiasaan ini bisa bikin awet smartphone kamu

Ketika kamu beli HP baru, dan sudah melakukan pemakaian selama beberapa hari, kamu harus cek Chache yang ada di handphone kamu. Caranya bisa pakai aplikasi pembersi chache yang banyak di sediakan di play store.

Tapi saya menyarankan hapus chache secara manual saja, agar lebih apdol. Karena terkadang ada aplikasi yang tidak benar-benar menghapus chache atau sampah di hanphone kamu.

Cara menghapus chache manual sangat mudah, Kamu tinggal pergi ke menu setting/pengaturan dan cari menu storage/penyimpanan lalu pilih "Data dalam chache" klik dan pilih hapus.

2. Sisakan Ruang Bebas Untuk Memory Internal

Tak disadari, ternyata 5 kebiasaan ini bisa bikin awet smartphone kamu

Pasti banyak dari kalian yang sering menyimpan file di HP sampai ruangnya penuh kan? Apalagi didalam memory internal yang merupakan penyimpanan bawaan handphone, dimana data sistem juga berada disana. Biasakan tidak menyimpan file sampai full di dalam memory internal kalau tidak mau handphone mu sering error dan matot tiba-tiba.

Sebab, gedget mu memerlukan ruang bebas untuk sistem yang berjalan terus menerus. Paling tidak 1gb atau 2gb ruang sisa agar sistem bekerja secara optimal.

3. Jangan Terlalu Banyak Menyimpan Foto

Tak disadari, ternyata 5 kebiasaan ini bisa bikin awet smartphone kamu

Kebiasaan buruk ini yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan pengguna smartphone. Apalagi jaman jaman sekarang semua orang pada gila foto, dikit-dikit foto, dimana pun berada wajib berfoto. Tahu gak kamu, kalau kebanyakan foto di dalam galery bisa meberatkan kinerja HP.

Apalagi yang fotonya sudah sampai ribuan, ketika kamu membuka galery, sistem memerlukan sedikit waktu untuk membaca semua gambar dan itu terlalu memaksa ram hp mu untuk bekerja ekstra. Dan sistem akan banyak membuat thumbnails gambar atau gambar kecil dari gambar aslinya, yang berfungsi untuk mempercepat tampilan foto ketika dibuka.

Tapi, bagi kamu yang memiliki HP ber spec tinggi itu mungkin tidak masalah, apalagi dengan Ram yang gede. Jadi untuk kamu yang spec hp nya rendah jangan lakukan kebiasaan buruk ini ya.

4. Berikan ruang bebas pada RAM

Tak disadari, ternyata 5 kebiasaan ini bisa bikin awet smartphone kamu

Pernah gak ketika asik berinternet ria atau sedang bermain game, HP kamu tiba-tiba lemot sendiri? Pasti pernah kan. Bahkan hp kamu bisa sampai restart sendirinya ketika sedang asik bermain.

Itu dikarenakan kamu tidak sadar kalau RAM hp mu sudah melebihi kapasitas pemakaian. Biasanya disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang atau game yang kamu mainkan terlalu berat untuk spec hp mu. Biasakan selalu mengingat sisa RAM hp mu ketika ingin menginstal aplikasi atau game. Jangan terlalu banyak instal aplikasi jika RAM hp mu kecil, apalagi kebanyakan game. Itu akan mempercepat usia hp kamu loh!

5. Jangan Charger Hp Sambil Tidur

Tak disadari, ternyata 5 kebiasaan ini bisa bikin awet smartphone kamu

Salah satu kebiasaan yang sering diabaikan oleh pengguna smartphone adalah mencharger hp sambil tidur. Tahu gak ketika kamu mengisi batrai hp sambil ditinggal tidur itu adalah masalah besar!

Ketika kamu sudah sering melakukan kebiasaan buruk ini, bisa dibilang usia batre kamu bakalan tidak lama. Kenapa begitu?
Pengisian batre ketika tidak dimainkan pada umumnya itu hanya memerlukan waktu 1 sampai 2 jam saja. Jadi Ketika kamu tidur sambil mencharger hp, itu akan memaksa hp kamu menyimpan daya berlebihan.

Apalagi kamu tidur selama 8 jam atau lebih. Batre yang sudah terisis penuh akan dipaksa menyimpan daya berlebihan dikarenakan tidak ada aktifitas yang bisa menyimbangkan penggunaan batre. Jadi dapat memungkinkan terjadinya kebocoran pada batre.

Bukan hanya itu, kalau sudah bocor itu bisa memberikan efek samping pada hp kamu sendiri. Karena batre yang tidak bagus bisa menyebabkan kerusakan pada sistem hp. Hal ini jarang diketahui oleh pengguna smartphone dan sering sekali diabaikan. Untuk itu biasakan tidak mencharger hp ketika tidur. Jika kamu tidak ingin kehabisan batre ketika bangun tidur, cukup matikan data seluler atau mode pesawat ketika menjelang tidur.

Itulah 5 kebiasaan yang harus kamu ingat agar usia smartphone kamu tahan lama dan awet.

Saya pernah memakai smartphone jadul dengan spec rendah sampai bertahun-tahun dengan melakukan kebiasaan ini. Walaupun pada akhirnya rusak karna terjatuh. Ya mungkin sudah ajalnya kali.