×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Tak cuma Valentine, ini 7 peringatan hari bersejarah di bulan Februari

0

N/A

Tak cuma Valentine, ini 7 peringatan hari bersejarah di bulan Februari

Ternyata banyak juga nih hari-hari penting yang jatuh di bulan Februari.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Vini Krisdiani

11 / 02 / 2019 12:37

Saat memasuki bulan Februari orang pasti langsung teringat tanggal 14 untuk mempersiapkan diri merayakan hari kasih sayang. Kita akan mulai memikirkan hadiah apa yang akan kita beri tahun ini untuk si dia.

Tapi tahukah kamu, selain valentine ada banyak peringatan hari-hari besar bersejarah baik nasional maupun internasional yang juga jatuh pada bulan Februari. Apa saja hari besar bersejarah tersebut?

1. 4 Februari: Hari Kanker Internasional.

cancer day

Hari Kanker Sedunia diperingati untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia akan pencegahan, deteksi dini, dan pengobatan kanker. Hari Kanker Sedunia dibentuk oleh Union for International Cancer Control untuk mendukung Deklarasi Kanker Dunia, yang dibuat pada tahun 2008.

Loading...

 

2. 9 Februari: Hari Pers Nasional.

pers day

HPN atau Hari Pers Nasional diselenggarakan bersamaan dengan hari ulang tahun Persatuan Wartawan Indonesia, berdasarkan keputusan presiden tahun 1985. Pers nasional dianggap berjasa besar dan mengambil peranan penting dalam upaya pembangunan masyarakat dan pengamalan Pancasila.

HPN dirayakan bergantian di tiap provinsi. Landasan ideal HPN ialah sinergi. Sinergi antar komponen pers, masyarakat dan pemerintah, seperti tergambar pada untaian pita (umbul-umbul) yang membentuk huruf HPN.

 

3. 13 Februari: Hari Farmasi Nasional.

farmasi day

Tepatnya pada 13 Februari 1946, berdirilah organisasi Farmasi pertama dan tertua di Indonesia yakni PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia) yang saat ini mewadahi profesi Asisten Apoteker (AA) Indonesia atau Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK).

PAFI merupakan organisasi farmasi tertua di Indonesia. Hal ini disebabkan karena Profesi Asisten Apoteker lebih dahulu muncul keberadaannya daripada profesi apoteker. Dari sanalah tanggal 13 Februari selanjutnya terus diperingati sebagai hari Farmasi Nasional.

 

4. 14 Februari: Hari Peringatan Pemberontakan Pembela Tanah Air (PETA).

peta day

Pasukan PETA (Pembela Tanah Air), dibentuk oleh militer Kekaisaran Jepang di Indonesia yang didirikan pada bulan Oktober 1943. Awalnya pasukan ini ditugaskan untuk mempertahankan kawasan Jawa, Bali, dan Sumatera.  Namun para komandan muda yang merasa iba pada penderitaan rakyat akhirnya mulai merencanakan pemberontakan.

Pada tanggal 14 Februari 1945 dini hari pukul 03.00 WIB, pasukan PETA di bawah komando Shodancho Supriyadi menyerang Hotel Sakura kediaman para perwira militer Kekaisaran Jepang, juga markas Kempetai dan tempat tempat lainnya yang menjadi kediaman tentara Jepang. 

 

5. 20 Febuari: Hari Pekerja Nasional.

pekerja day

Pada tanggal 20 Februari 1973, Serikat Pekerja dari berbagai perusahaan mendeklarasikan pembentukan Federasi Buruh Seluruh Indonesia (FBSI) dengan Agus Sudono sebagai Ketua Umum FBSI pertama. Mereka ingin menyederhanakan dan menyatukan semangat seluruh pekerja di seluruh Indonesia.

 

6. 22 Februari: Hari Masjid Istiqlal.

istiqlal day

Masjid ini sebagai salah satu masjid terbesar di Asia, dan juga salah satu bangunan paling bersejarah di Indonesia. Penting diketahui rumah ibadah seluas 9,32 hektar ini merupakan bangunan yang didirikan sebagai bagian dari  proyek pembangunan "mercusuar" oleh Soekarno dengan peletakan batu pertama pada 24 Agustus 1961 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 22 Februari 1978.

Tidak hanya megah, Masjid Istiqlal juga merupakan perwujudan bermacam simbol. Dari nama misalnya, "Istiqlal" berasal dari kata dalam bahasa Arab yang berarti "merdeka".

 

7. 28 Febuari: Hari Gizi Nasional.

gizi day

28 Februari diperingati sebagai Hari Gizi Nasional sebagai upaya meningkatkan kesadaran kan pentingnya pemenuhan gizi untuk pertumbuhan dan perkembangan masyarakat yang sehat dan berkualitas.

Kadang kita sering tertukar dan menganggap Hari Gizi Nasional diperingati tanggal 25 Januari. Padahal tanggal 25 Januari adalah Hari Gizi Dan Makanan. Sementara hari Gizi Nasional jatuh pada tanggal 28 Februari.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red