Masa tumbuh kembang anak itu memang masa yang paling indah bagi ibu. Karena pada masa ini anak-anak belajar banyak hal. Misalnya saja belajar membaca. Memang sih mengajari anak membaca itu susah-susah gampang. Karena ibu harus bisa memberi pemahaman terlebih dahulu tentang sebuah benda. Bisa menggunakan gambar, buku membaca, atau papan huruf.

Tetapi meskipun ibu sudah mengajari dengan benar, tetapi ada saja anak yang tidak bisa menyebutkannya dengan benar. Ini bukan tanda jika si anak bodoh, tetapi karena si anak sudah terbiasa menggunakan bahasa daerahnya. Dan dia belum tahu jika ada nama lain untuk menyebutkan nama benda tersebut.

Ini yang terjadi dengan anak yang sedang belajar membaca dalam video dibawah ini. Video yang diunggah oleh akun Facebook Dhea Alviany di grup Komunitas Warga Tegal (20/12/2017).

Dalam video tersebut terlihat seorang anak perempuan usia sekitar 4 tahun sedang belajar membaca ditemani ibunya diatas kasur. Anak itu sangat antusias ketika sedang membaca sebuah buku yang terdapat gambar berwarna didalamnya.

Anak itu memulai membaca gambar pertama dengan mengeja "PEP-A-Y-A" namun ketika digabung dia membacanya "GANDUL".

Kemudian ibunya membenarkan dengan menyebut "PEPAYA", tapi si anak malah tidak mau dan bilang "EMOH, GANDUL" (gak mau, pepaya).

Lanjut gambar berikutnya, "T-E-M-P-E" tempe, jawab si anak dengan benar.

Setelah itu gambar selanjutnya "T-E-L-U-R" yang seharusnya dibaca telur tapi si anak malah menyebut "ENDOG".

Lantas saja sang ibu langsung bilang "TELOORR" sambil tertawa.

Dan yang terakhir sang anak mengeja "P-I-S-A-N-G", "dibaca?" tanya sang ibu.

Dengan sedikit berpikir, spontan saja si anak mengucapkan "GEDANG" mendengar jawaban ini membuat sang ibu membetulkannya" Pisang Dede" sambil mereka berdua tertawa terbahak-bahak.

Sebenarnya huruf yang dieja sudah benar. Tetapi apa yang diucapkan anak itu yang justru bikin ngakak. Dia menyebutkan nama-nama itu dalam bahasa Jawa.

Melihat video ini, banyak netizen yang berkomentar.

"Gedang Doyan...?" tulis Tulloh Putra Al-Farikhin

"Dede hebat ah...Minimal..ws apal hurufe" kata Febyana Putri J

"Bener tpi slah yah..." komen Tasripin

Lihat videonya berikut ini: