Tidak adalah sebuah kata yang sangat mudah dieja. Namun faktanya, banyak orang yang kesulitan untuk mengucapkannya. Hal itu sering dialami oleh orang punya karakter pemalu atau intorvert. Dimana biasanya mereka cenderung iya-iya saja jika menerima permintaan dari pihak lain, meskipun sebenarnya hati menolak.

Lalu, bagaimana itu bisa terjadi? Alasan pertama bisa dikarenakan adanya rasa khawatir menyakiti perasaan orang lain, takut salah bicara, kurang percaya diri, tidak ada ide, atau mungkin berusaha menghindari konflik.

Tentunya sikap yang demikian ini sangatlah tidak baik. Sebab jika Kamu sulit menolak permintaan orang lain, maka bukan tak mungkin kelemahan itu dimanfaatkan untuk mencari keuntungan semata.

Nah, berikut ini beberapa cara efektif untuk menolak secara halus bagi Kamu yang sulit mengucapkan tidak. Read on!

1. Mintalah Waktu Untuk Berpikir

Sulit bilang 'tidak'?  Coba 7 strategi ini untuk menolak secara halus

Cara pertama untuk melakukan penolakan secara halus yakni dengan mengulur waktu. Maksudnya, apabila ada orang yang mengajukan permintaan kepadamu, maka mintalah waktu untuk berpikir.

Nantinya Kamu bisa memanfaatkan waktu tersebut buat memupuk kekuatan batin. Coba tenangkan dirimu agar dapat mengambil keputusan secara bijak. Bila perlu, mintalah pertimbangan dan saran dari orang-orang disekitarmu.

2. Kirim Penolakan Lewat Pesan

Sulit bilang 'tidak'?  Coba 7 strategi ini untuk menolak secara halus

Jika memang terlalu sulit untuk mengucapakan tidak dari mulut, maka Kamu bisa mencoba menyampaikannya lewat pesang singkat. Misalnya dengan mengirim sms, chat di whatsapp, Line atau sejenisnya. Tentunya metode ini merupakan ide yang cukup baik, sebab Kamu tidak perlu bertatap muka secara langsung dengan pihak yang bersangkutan.

3. Sampaikan Penolakan Secara Diplomatis

Sulit bilang 'tidak'?  Coba 7 strategi ini untuk menolak secara halus

Apabila Kamu takut penolakanmu bakal menyakiti perasaan orang lain, maka sampaikan saja pendapatmu secara diplomatis. Jadi tidak terang-terangan menolak. Tapi pilih kalimat yang efektif dan lebih halus untuk menyampaikan keputusan. Bila perlu, berikan juga komentar positif sebelum mengatakan tidak.

Misalnya nih, temanmu ingin meminjam uang. Maka sampaikan padanya: Sebenarnya aku ingin sekali membantumu. Tapi maaf ya, tabunganku saat ini akan kupergunakan untuk keperluan yang mendesak. Semoga Tuhan melancarkan rejekimu.

4. Senyumin Aja, Shay

Sulit bilang 'tidak'?  Coba 7 strategi ini untuk menolak secara halus

Cara ketiga yang bisa Kamu coba untuk menyampaikan penolakan halus, cukup dengan tersenyum. Tak perlu banyak bicara. Terkadang orang yang terlalu sering minta ini-itu sulit untuk dinasehati. Jadi ya, daripada Kamu buang-buang energi, mending senyumin aja, Shay.

5. Beranjak Pergi, Pura-Pura Ada Urusan

Sulit bilang 'tidak'?  Coba 7 strategi ini untuk menolak secara halus

Apabila penyampaian penolakan secara diplomatis tidak berhasil. Senyuman juga gagal. Dan ia tidak mau memberikanmu waktu berpikir. Maka cara satu-satunya adalah beranjak pergi saat ia sedang berbicara. Pura-pura aja ada urusan mendesak. Dengan begitu, Kamu bisa terhindar dari permintaannya yang memaksa.

6. Buatlah Sebuah Batasan

Sulit bilang 'tidak'?  Coba 7 strategi ini untuk menolak secara halus

Tak ada yang salah dengan memenuhi permintaan orang lain. Jika memang Kamu sanggup dan itu bisa membuatnya senang, mengapa tidak? Tapi masalahnya, terkadang ada beberapa orang yang tidak punya rasa empati. Sekali dibantu, eh dia malah meminta lagi dan lagi.

Jika Kamu menemui orang yang demikian maka cobalah bersikap tegas. Kamu tidak bisa terus-menerus menuruti permintaannya. Buatlah batasan yang jelas. Semisal bila ia hendak menghutang uang, maka tetapkan nominal optimum. Apabila nantinya dia pinjam melebihi nominal tersebut maka jangan dikasih.

Bukan berarti pelit ya. Tapi orang baik pasti juga punya rasa sungkan bila meminjam terus-menerus. Terlebih bila dia sahabatmu, harusnya sih mengerti dan memahami posisimu.

7. Bersikap Tegas, Pegang Pendirianmu

Sulit bilang 'tidak'?  Coba 7 strategi ini untuk menolak secara halus

Ketika Kamu berhasil mengatakan tidak pada permintaan orang lain, namun ia justru marah denganmu. Maka jelas dia bukanlah teman sejati, sebab dia tak bisa menghargai keputusanmu.

Kamu pun juga tak perlu bersedih dengan sikapnya. Tetap pegang teguh pendirianmu untuk tak mudah menerima permintaan orang lain. Jangan memberikan jawaban iya hanya karena kasihan atau takut membuat orang lain tak nyaman. Sesekali pikirkan tentang dirimu sendiri.

Ya, itulah beberapa cara memberikan penolakan halus untuk Kamu yang susah bilang tidak. Semoga tips-tipsnya bisa membantu.