Menyambut perilisan film Ayat-Ayat Cinta 2 yang akan tayang di bioskop bulan Desember nanti, MD Music kembali merilis lagu tema yang kali ini dinyanyikan oleh Isyana Sarasvati. Berbeda dengan lagu "Ayat-Ayat Cinta 2" yang dinyanyikan Krisdayanti dan "Bulan Dikekang Malam" yang dinyanyikan Rossa, soundtrack terbaru AAC2 ini bukan ciptaan Melly Goeslaw. Lagu "Masih Berharap" yang dibawakan Isyana diciptakan oleh musisi Yovie Widianto.


Lagu ini resmi dirilis dalam format musik digital pada tanggal 2 November lalu, saat sementara video klipnya dirilis sehari sesudahnya. Meskipun baru saja dirilis, lagu ini sukses membuat pendengarnya galau berjamaah. Yuk, simak fakta menarik lainnya di balik lagu "Masih Berharap" ini.


Percaya atau tidak, lagu ini ditulis sang pencipta, Yovie Widianto hanya dalam waktu 15-20 menit saja. Cepat sekali bukan? Bagi personil band Kahitna ini, yang terpenting adalah ketulusan dalam membuat suatu karya sehingga panjang pendeknya waktu yang digunakan tidak terlalu berpengaruh.


Keterlibatan Isyana Sarasvati dalam pembuatan soundtrack Ayat-Ayat Cinta 2 merupakan permintaan langsung dari sang produser. Gayung bersambut, Isyana dan pihak label Sony Music pun tertarik dengan proyek ini. Adanya Isyana diharapkan dapat menggaet segmen baru, khususnya generasi muda untuk ikut menonton Ayat-Ayat Cinta 2.

Sukses bikin galau, ini fakta menarik di balik soundtrack AAC2


Koordinasi pembuatan lagu ini lebih banyak dilakukan di dunia maya, melalui aplikasi perpesanan. Maklum saja, masing-masing pihak yang terlibat dalam pembuatan lagu ini punya kesibukannya masing-masing. Walaupun demikian, karya yang dihasilkan tetap berkualitas berkat profesionalisme semua pihak.


Ini adalah proyek soundtrack kedua Isyana, setelah sebelumnya menyanyikan "Sekali Lagi", soundtrack film "Critical Eleven" yang mendapatkan nominasi Festival Film Indonesia 2017. Namun, ini adalah pengalaman pertama bagi Isyana menyanyikan lagu ciptaan orang lain tanpa ikut serta dalam workshop sebelum hari rekaman karena proses pembuatan yang harus serba cepat.


Video klip "Masih Berharap" digarap oleh Candi Soeleman. Ini adalah kali kelima bagi Candi menyutradarai video klip Isyana. Proses pembuatannya juga sangat singkat, hanya dalam waktu seminggu. Syuting dilakukan tanggal 26 Oktober 2017 dan selesai 1 November 2017.


Konsep video klip "Masih Berharap" menampilkan sosok Isyana dengan balutan gaun mewah. Berbeda dengan video klip sebelumnya yang lebih kasual, Isyana ditampilkan sebagai seorang diva yang sedang kesepian. Selain itu, cuplikan film Ayat-Ayat Cinta 2 juga turut dimasukkan dalam video klip ini.


Spoiler alert!Lagu ini memberikan gambaran ceri dari sudut pandang salah satu karakter di film Ayat-Ayat Cinta 2. Clue ini terlihat jelas dari potongan film yang ada di video klip "Masih Berharap". Tokoh Hulya yang diperankan Tatjana Saphira dan Keira yang diperankan Chelsea Islan tampak mendominasi. Sepertinya lagu ini memang sesuai dengan jalan cerita kedua tokoh ini yang mencintai seorang pria yang masih memikirkan wanita lain. Jadi semakin penasaran akan seperti apa filmnya.