Paru-paru basah adalah penyakit yang timbul akibat bakteri ataupun virus. Penyakit ini terjadi karena kebiasaan buruk yang dilakukan setiap hari seperti mengonsumsi rokok, alkohol, tidak menjaga kebersihan serta membuang sampah sembarangan.

Agar terhindar dari paru-paru basah, stop kebiasaan buruk ini

Gambar:https://seniorjustice.com/aspiration-pneumonia/

Paru-paru basah atau dalam istilah medis disebut Pneumonia adalah penyakit akibat infeksi virus, jamur, atau bakteri yang memicu inflamasi pada alveolus atau kantong udara pada paru-paru. Seperti namanya, penyakit ini menyerang organ tubuh manusia pada bagian paru-paru yang ditandai dengan gejala awal seperti nyeri pada dada, batuk berdahak yang terkadang disertai dahak, sering berkeringat, terutama bagian telapak tangan serta kesulitan bernapas (Asma).

Nah, berikut ini kebiasaan buruk yang harus dikurangi untuk memperkecil risiko terkena penyakit paru-paru basah.

1. Merokok dan minuman beralkohol.

Sudah terbukti bahwa merokok dapat merusak organ tubuh kita terutama paru-paru. Kecanduan alkohol pun membuat kondisi kesehatan seseorang menjadi buruk dan mengurangi kekebalan imunitas kamu. Bagi kamu yang setiap hari mengonsumsi rokok, mulai sekarangkurangi sedikit demi sedikit agar terhindar dari paru-paru basah.

2. Lingkungan yang kotor.

Di lingkungan yang kotor dan kumuh pasti banyak bakteri dan virus, apalagi penyakit paru-paru basah muncul karena bakteri dan virus. Bakteri dan virus tersebut dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui udara, air, dan banyak media lain yang terdapat pada lingkungan yang kotor. Maka dari itu mulai sekarang mari kita jaga kebersihan lingkungan kita.

3. Membuang sampah sembarangan.

Dengan membuang sampah sembarangan dapat dipastikan akan banyak bakteri dan virus yang berkembang biak sehingga dapat masuk ke dalam tubuh kita. Berhenti membuang tisu bekas pakai, pembalut, atau benda lain yang dapat memicu perkembangbiakan bakteri secara sembarangan. Bakteri yang terhirup dari sampah-sampah di atas dapat memicu banyak penyakit, salah satunya adalah paru-paru basah.

Maka dari itu yuk ubah kebiasaan kita menjadi lebih sehat. Dengan kondisi sehat dipastikan segala aktivitas akan berjalan lancar serta pikiran-pikiran positif akan lebih mudah muncul.