×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Siapa yang akan mendominasi tema multiverse di film superheroes?

0

Film

Siapa yang akan mendominasi tema multiverse di film superheroes?

Dua nama besar industri komik Amerika kini sedang memasuki babak persaingan baru dengan film superheroes bertema multiverse.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Harry Rezqiano

05 / 08 / 2021 17:20

Kamu yang mengikuti perkembangan film-film superheroes pasti sudah tahu kalau film genre ini bersiap memasuki era baru, yaitu era di mana fokus tema cerita akan mulai bergeser ke 'multiverse'. Ada banyak pengertian soal kata ini namun jika disederhanakan 'multiverse' adalah penggabungan kata 'multiple' (beberapa/banyak) dan 'universe' (semesta).

Jadi multiverse bisa diartikan sebagai 'banyak semesta'. Maksudnya bagaimana?

Jadi dalam konsep ini, semesta tidak hanya satu atau singular. Karena dalam multiverse semesta itu ada banyak. Dan semuanya berdiri sendiri walau memiliki kemiripan dan bahkan keterikatan satu dengan lainnya.

Contoh sederhananya, Superman di semesta yang satu akan berbeda dengan Superman dari semesta lainnya. Superman dari Earth-1 adalah Kal-El, sementara Superman dari Earth-2 adalah Val-Zod. Membingungkan? Bisa jadi, terutama jika kamu tidak/belum familiar dengan konsep 'banyak semesta' di cerita buku komik superheroes Amerika.

Siapa yang akan mendominasi tema multiverse di film superheroes?

Loading...

Foto: Pinterest

Tapi buat yang sudah terbiasa melihat variasi satu karakter superheroes dalam bentuk berbeda dari 'asal muasalnya', hal ini tidak bikin heran. Spider-Man awalnya hanya satu: Peter Parker. Namun dalam situasi multiverse, Spider-Man tidak hanya dia. Ada Miles Morales, misalnya. Jika kamu pernah nonton film animasi Spider-Man: Into the Spiderverse maka di sana kamu akan melihat bagaimana konsep multiverse diceritakan dalam format visual bergerak. Sementara dalam format visual komik, multiverse sudah sangat banyak digambar dan sering diolah berbagai penulis naskah komik superheroes.

Di film live action konsep multiverse sepertinya belum pernah dibuat oleh produsen film. Namun situasi itu akan berakhir karena saat ini setidaknya ada tiga film live action superheroes yang bakal tayang di bioskop dunia dengan membawa konsep multiverse.

Dari Marvel Comics ada Spiderman: No Way Home dan Doctor Strange and Multiverse of Madness, serta DC Comics dengan The Flash. Dari tiga judul tadi mungkin hanya Spider-Man yang tidak secara tegas menunjukkan kalau mereka mengusung konsep multiverse karena info yang beredar masih berupa gosip dan rumor pertemuan antara tiga Spider-Man dari tiga versi live action (Tobey Maguire, Andrew Garfield dan Tom Holland). Tidak ada konfirmasi kalau hal ini memang akan terjadi di film Spider-Man: No Way Home karena trailer-nya belum rilis.

Sementara film Doctor Strange and Multiverse of Madness berbeda. Dari judulnya saja fans sudah diberi harapan kalau film itu nanti akan memiliki konsep multiverse. Sehingga ada kemungkinan sangat besar kalau nanti ada scene di mana 'satu tokoh akan bertemu versi dirinya dari semesta lain'. Apalagi jika melihat ending serial Disney+ “WandaVision” beberapa waktu lalu, dimana terlihat jelas Wanda Maximoff ada 'dua versi’ di sana (dan konon ending ini merupakan bagian entry point film Doctor Strange and Multiverse of Madness).

Siapa yang akan mendominasi tema multiverse di film superheroes?

Foto: Den of Geek

Bagaimana dengan The Flash? Dari gosip beredar dan bahkan akun Instagram sutradaranya sendiri bisa dilihat kalau The Flash bakal berjumpa dengan tokoh superheroes dari semesta lain, yaitu Batman versi Michael Keaton dan Tim Burton selain Supergirl. Plus aktor pemeran The Flash sendiri juga pernah memastikan kalau film The Flash bakal mengeksploitasi situasi multiverse buku komik ke film live action. Sehingga ini akan seru buat fans DC Comics yang sudah lama menantikan konsep multiverse diangkat ke film live action.

Siapa yang akan mendominasi tema multiverse di film superheroes?

Foto: Flipboard

Jadi siapa yang akan 'menang' nanti? Apakah film-filmnya Marvel Comics atau DC Comics? Sedikit sulit untuk memastikan ini namun jika melihat keseriusan Marvel Comics dan Disney dalam memasarkan film-film superheroes maka tidak akan mengherankan jika mereka akan meraup keuntungan lebih banyak ketimbang DC Comics dan Warner Bros. Entah mengapa kesannya DC Comics dan Warner Bros menjalankan bisnis tanpa cetak biru yang jelas untuk film superheroes mereka. Sehingga secara kuantitatif Marvel sudah jauh di atas DC Comics untuk produk film superheroes di pasaran. Namun mengingat kedua merek ini punya barisan fans garis keras yang sama militannya, situasi akan menarik dan menguntungkan buat semua pihak.

Menurut kamu sendiri, apakah Marvel Comics dan Disney memang akan menyajikan film live action superheroes berkonsep multiverse lebih baik ketimbang yang dilakukan DC Comics dan Warner Bros?






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red