×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Sering terlihat, tahukan kamu arti sebenarnya 10 simbol & gestur ini?

0

Global

Sering terlihat, tahukan kamu arti sebenarnya 10 simbol & gestur ini?

Sehari-hari kamu mungkin sering mempraktikkannya. Namun apakah kamu tahu arti sebenarnya dari simbol dan gestur tersebut?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Istimrora Raka

03 / 07 / 2019 16:20

Sebuah simbol biasanya digunakan oleh manusia untuk mempresentasikan suatu hal agar mudah diingat. Tanpa kalian sadari, di setiap aspek kehidupan kita terdapat banyak sekali simbol-simbol dan gerakan isyarat yang mungkin sering kali kalian lihat tapi tidak kalian ketahui artinya.

Berikut ini 10 tanda yang sehari-hari kalian pakai namun tidak diketahui artinya. Penasaran? Cek daftar di bawah.

1. Dabbing.

Dabbing

Beberapa tahun belakangan, gaya yang satu ini menjadi populer di kalangan anak muda. Gaya ini sering kali dipakai oleh orang-orang sebagai bentuk dari kesuksesan saat melakukan sesuatu. Tapi tahukah kalian kalau awalnya dabbing adalah sebuah tarian yang dipopulerkan oleh penari hip-hop asal Amerika seperti Migos dan Rich The Kid. Kesimpulannya, dabbing itu bisa dibilang sebagai suatu ekspresi yang menggambarkan ungkapan kegembiraan yang besar setelah melakukan sesuatu.

Loading...

2. Heksagram.

Star of David

Lambang heksagram berbentuk seperti sebuah bintang tapi memiliki 6 sudut lancip karena terbentuk dari dua buah segitiga yang terpasang secara berlawanan. Kalau dalam arti umumnya, segitiga heksagram ini menggambarkan persatuan antara pria dan wanita di mana segitiga yang menghadap ke atas melambangkan sebuah pedang yang berarti pria, sedangkan segitiga yang menghadap ke bawah melambangkan sebuah cawan yang berarti wanita.

Kemudian, beberapa agama menggunakan heksagram ini sebagai gabungan dari dua nabi mereka yaitu Nabi Daud dan Nabi Sulaiman. Kabarnya, lambang ini juga dipakai bagi para pemuja setan, padahal sebenarnya lambang ini dipakai untuk melindungi para pemuja setan tersebut agar tidak mudah diserang oleh roh yang menghampiri mereka.

3. High Five.

Tos

High Five atau yang biasa kita tahu sebagai “tos” berasal dari budaya Afrika-Amerika yang memiliki arti ungkapan keberhasilan dalam melakukan suatu hal. Tos ini pertama kali dperkenalkan pada tahun 1977 oleh dua pemain baseball Los Angeles Dodgers yaitu Dusty Baker dan Glenn Burke.

Pada saat itu saking antusiasnya, salah satu dari mereka mengangkat tangannya dan membuat orang satunya kebingungan. Karena terlihat keren, gaya tos itu banyak sekali digunakan oleh orang-orang. Bahkan di Amerika Serikat sampai ada Hari Nasional High Five yang diadakan setiap tanggal 3 April setiap tahunnya.

4. Tengkorak menyilang.

Tengkorak Menyilang

Kita semua pasti sering banget melihat gambar tengkorang dengan dua tulang yang menyilang di bawahnya. Kalau melihatnya di sebuah botol cairan, lambang ini memiliki arti bahwa cairan tersebut sangat beracun dan berbahaya.

Jika kalian ada di Spanyol dan melihat lambang ini, itu berarti tandanya ada kuburan manusia persis di tempat tengkorak itu dipajang. Lalu kalau dalam dunia bajak laut, banyak dari mereka yang percaya jika setiap satu dari mereka ada yang mati maka jiwanya akan tetap berada di sana untuk terus berjuang bersama.

5. Swastika.

Swastika

Banyak orang di dunia yang pasti menghubungkan simbol ini dengan kelompok Nazi. Pada kenyataanya, simbol ini merupakan suatu simbol tertua di mana banyak sekali ditemukan di ajaran agama Budha, Hindu, dan juga Jainisme yang memiliki arti keselamatan dan juga kesejahteraan.

Dalam agama Hindu, simbol ini menggambarka Dewa Wisnu yang merupakan seorang dewa yang memiliki tugas memelihara dan melindungi segala ciptaan Dewa Brahma. Lalu pada abad ke-19, kelompok Nazi dianggap merusak arti dari lambang ini karena mereka sangat kejam dan tidak sesuai makna dari simbol swastika.

6. Tanda metal.

Crona Sign

Lambang yang satu ini sering banget kita temukan di acara musik rock ataupun metal. Banyak dari kita menyebut gestur yang satu ini sebagai tanda metal, tapi banyak dari kalian juga yang menganggapnya sebagai simbol dari tanduk banteng yang identik dengan aliran musik keras. Kalau kalian semua berpikir begitu, ternyata kalian salah. Sebenarnya tanda metal ini merupakan melambangkan huruf “U” dari kata Unity yang memiliki arti persatuan.

7. Simbol gender.

Simbol Gender

Simbol gender yang melambangkan pria dan wanita ini digunakan pertama kali pada tahun 1751 oleh seorang ahli astrologi bernama Carolus Linnaeus. Simbol lingkaran yang memiliki tanda panah mengarah jam 2 merupakan perlambangan dari planet Mars atau Ares yang dalam bahasa Yunani dianggap sebagai dewa perang karena menunjukkan sisi maskulin, jadilah lambang tersebut dianggap sebagai lambang pria. Sedangkan simbol lingkaran yang memiliki tanda “+” mengarah ke bawah melambangkan planet Venus atau Aphrodite dalam bahasa Yunani. Seperti kita ketahui, Aphrodite adalah dewi cinta dan kecantikan sehingga menjadikan simbol ini sebagai lambang perempuan.

8. “V” atau Peace.

Sering terlihat, tahukan kamu arti sebenarnya 10 simbol & gestur ini?

Di banyak negara, gestur tangan yang membentuk huruf “V” ini memiliki arti peace atau perdamaian. Tapi ternyata tidak semua negara yang menganggap gestur ini memiliki arti menyenangkan. Contohnya, jika kalian membentuk gestur peace dengan telapak tangan menghadap depan di negara seperti Inggris, Irlandia, dan Australia, menandakan kalau kalian malah mengejek, lho. Pada awal kemunculan gestur ini, tanda peace digunakan untuk menghina suatu pihak. Lalu pada perang dunia kedua, gestur ini mulai meiliki arti perdamaian yang diambil dari “victory” dalam bahasa Prancis.

9. Salib terbalik.

Salib Petrus

Banyak dari kalian yang berpikir bahwa sebuah salib terbalik merupakan lambang dari para anti-Kristus yang identik dengan penyembah setan. Padahal sebenarnya, asal-usul salib terbalik itu berasal dari zaman Yunani Kuno yang biasa disebut dengan salib Petrus. Awal mulanya saat Santo Petrus akan disalib, dia merasa tidak pantas untuk disalib dengan cara yang sama dengan Yesus makanya ia minta disalib dengan posisi terbalik.

10. OK.

Sign

Pasti banyak dari kalian yang mengartikan gestur tangan di atas sebagai ungkapan kalian baik-baik saja atau bentuk dari kata “Ok” jika sedang malas berbicara. Tapi tahukah kalian, jika tidak semua negara menganggap gestur ini memiliki arti yang sama seperti kita tahu. Contohnya saja jika kalian melakukannya di Prancis, gestur ini memiliki arti kosong yang digunakan untuk mengejek seseorang. Lalu kalau di Kuwait, gestur ini memiliki arti seorang penyihir yang sering kali melakukan kejahatan dan berbahaya bagi orang lain. Beda lagi dengan negara Jepang, jika kalian melakukannya di sana maka kalian mungkin akan memiliki banyak uang karena gestur ini memiliki arti minta duit.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red