Kamusering dibully? Atau justru kamulah yang suka membully? Kalau kamu dekat dengan hal yang terkait denganbullying,maka kamu wajib menonton serial yang satu ini, 13 Reason Why.Serial buatan Netflixini mengisahkan tentang Clay Jensen, seorang kutu buku pendiam yang mendapatkan kaset berisi rekaman-rekaman dari sahabatnya, Hannah Baker yang telah meninggal karena bunuh diri. Hannah memberi petunjuk lewat kaset-kaset yang dikirimkannya.

Rekaman-rekaman itu menjelaskan tentangbullyingyang diterima Hannah selama ini. Dia menjelaskan satu per satu teman-teman sekolahnya yang pernah membully-nya. Clay pun berusaha mengikuti setiap petunjuk yang diberikan Hannah. Dia menjelaskan bagaimana dirinya jatuh cinta dengan Justin Fouley, tapi ia justru menyebarkan foto Hannah yang menyebabkan dirinya disebut sebagai cewek murahan.

Bukan hanya Justin Fouley, beberapa anak juga banyak yang membully-nya dengan cara yang tidak mengenakkan. Namun, setelah kematian Hannah, kebanyakan dari mereka tak bisa tenang. Ditambah dengan tingkah Clay yang selalu ingin mengungkap tentang isi dari rekaman-rekaman itu. Clay mencoba mengungkapkan semua rekaman yang diberikan oleh Hannah dan dia juga mencoba menegakkan keadilan.

Jadi, jika kamu dekat denganbullying,baik itu korban ataupun pelaku, film ini mungkin sedikit bisa membantumu. Karena tingkah laku yang menurut kita baik-baik saja belum tentu baik di mata orang lain.So, stop bullying, guys!